Jumat , 19 Juli 2019
Home / Politik / Wagub Sebut Adiknya Sosok Tepat di Kabinet Jokowi
Wagub Sitti Rohmi Djalilah

Wagub Sebut Adiknya Sosok Tepat di Kabinet Jokowi

MATARAM, DS – Putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin sebagai dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, menghadirkan harapan baru bagi rakyat Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setelah penantian panjang sejak era Presiden Soeharto, rakyat NTB optimistis pasangan Jokowi-KH Ma’ruf akan mempertimbangkan untuk menempatkan tokoh asal NTB pada jajaran Kabinet Kerja Jilid II.

Pasalnya, figur dan kompetensi tokoh asal NTB dirasa tidak berbeda jauh bila dibandingkan dengan tokoh lainnya di Indonesia. “Wajarlah, jika masyarakat NTB menyuarakan aspirasi ingin ada putra NTB menjadi menteri. Ini karena kemampuan warga NTB sangat mumpuni dan pinter-pinter kok. Salah satunya, ada tokoh NTB yang jadi ketua MK,” ujar Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah menjawab wartawan disela-sela sidang paripurna DPRD NTB, Selasa (9/7).

Ia berharap Presiden Jokowi tidak sembarangan memilih orang yang akan dijadikan menteri. Oleh karena itu, sejumlah pertimbangan diantaranya, unsur kapasitas, kapabilitas, integritas, track record serta asal-usul daerah dan profesi dapat menjadi pertimbangan Jokowi dalam memilih calon pendampingnya.

“Pak Jokowi itu orang yang baik sehingga harus dikelilingi orang yang baik juga. Harapan saya, aspirasi warga NTB yang ingin punya menteri juga patut didengar. Ini agar kesinambungan program dapat berjalan dengan baik kedepannya,” kata Rohmi.

Terkait aspirasi agar Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW)TGH. Muhammad Zainul Majdi, MA atau yang kesohor dipanggil Tuan Guru Bajang (TGB) layak untuk masuk menjadi bakal calon menteri Jokowi dari NTB, menurut Rohmi, hal itu sah-saja yang disuarakan masyarakat. Sebab, ia merasa, TGB yang tidak lain adalah saudara kandungnya tersebut memang dianggap memiliki kemampuan yang sangat baik dari sisi keilmuan maupun pengalaman untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan negara Republik Indonesia ke depan.

“TGB di mata saya itu bukan saja adik lagi, tapi sudah menjadi guru yang hebat bagi kakak-kakaknya. Termasuk saya, tentu senang banget jika beliau (TGB) bisa dipilih oleh pak Jokowi sebagai calon menteri, karena memang TGB itu pantas,” tandas Wagub.

Sebelumnya aspirasi dukungan agar TGB bisa masuk menjadi salah satu calon menteri Jokowi-Amin disuarakan Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) HKTI NTB, H. Rumaksi SJ. Menurut dia, TGB yang dua periode menjabat Gubernur NTB dirasatelah menunjukkan prestasi cukup gemilang. Diantaranya, dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, misalnya, NTB meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pelaksanaan penggunaan anggaran Negara selama pemerintahan TGB.

“Prestasi TGB untuk merealisasikan bandara internasional di Lombok juga harus diapresiasi,” ujar Wakil Bupati Lombok Timur ini beberapa hari lalu.

”Dan fakta mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah (Loteng) harus juga menjadi pertimbangan presiden untuk menunjuk TGB sebagai salah satu pembantunya di kabinet,” lanjut Rumaksi.

Satu hal yang menjadi catatan bersejarah juga pernah diwujudkan oleh TGB sebagai pemimpin pemerintahan di NTB selama dua periode, yakni NTB tahun lalu mencatat rekor pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.

“SDM yang dimiliki TGB tidak diragukan akan dapat menyelesaikan pekerjaan yang dipercayakan kepadanya dalam bidang apa saja oleh presiden,” ucap Rumaksi.

Presiden juga harus mempertimbangkan pula soal SDM dari NTB yang tidak pernah dipercayakan duduk di jajaran kabinet. TGB yang merupakan cucu pahlawan nasional TGKHM. Zainuddin Abdul Madjid itu, dinilai dapat dipercaya untuk mengemban tugas yang akan dipercayakan kepadanya oleh presiden.

“Atas nama warga Lombok Timur dan petani di NTB, saya betul-betul berharap presiden Jokowi menunjuk TGB menjadi salah satu menterinya,” tandasRumaksi. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Jelang Pilkot, Ada Spanduk Wakil Walikota jadi Walikota

MATARAM, DS – Pemasangan spanduk-spanduk menyemarakkan kedatangan tamu dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: