Senin , 17 Desember 2018
Home / Politik / TGB dan Gerbong NW Pancor Merapat ke NasDem
Surya Paloh dan TGB

TGB dan Gerbong NW Pancor Merapat ke NasDem

MATARAM, DS – Teka-teki ke mana arah dukungan politik mantan Gubernur NTB Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) dan ormas yang dipimpinnya, Nahdatul Wathan (NW) berlabuh kian terlihat.

Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, datang langsung berkunjung serta memberikan kuliah umum Kebangsaan di hadapan sekitar 10 ribu santri Ponpes NW, Pancor, Lotim pada Sabtu (15/12).

Tak hanya itu, sejumlah kerabat TGB dan petinggi ormas NW, ternyata telah masuk sebagai caleg Partai NasDem pada Pileg 2019. Diantaranya, HM. Syamsul Lutfi (kakak kandung TGB) yang maju sebagai Caleg DPR RI, Sekjen PBNW TGH Hasanain Djuaini yang maju sebagai Caleg NasDem untuk DPRD NTB dapil Lobar-KLU. Selanjutnya, suami Wagub NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah juga tercatat maju sebagai Caleg NasDem DPRD NTB untuk dapil Lotim bagian utara.

Ketua DPW NasDem NTB, H. Muhamad Amin, membenarkan sejumlah kerabat TGB dan petinggi ormas NW telah masuk menjadi bagian partainya. “Tentu, NasDem melirik yang berpotensi dan bisa membesarkan partai. Termasuk, pak TGB yang tokohnya sudah menasional,” ujarnya menjawab wartwan, Minggu (16/12).

Menurut Amin, selain TGB, pihaknya juga membuka diri bagi Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah. Kakak kandung TGB Muhammad Zainul Majdi itu sebelumnya merupakan kader Partai Demokrat, tetapi keluar dan memutuskan mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Amin menyatakan peluang Sitti Rohmi bergabung cukup terbuka lebar, sebab suaminya Khairul Rizal yang sebelumnya juga kader Partai Demokrat telah terlebih dahulu bergabung dalam barisan Partai Nasdem. Bahkan, mantan ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur itu kini menjadi calon legislatif (caleg) dari partai pimpinan Surya Paloh tersebut pada Pemilu 2019.

“Kemungkinan itu selalu terbuka untuk Ibu Rohmi bergabung, tapi sampai saat ini belum dilakukan,” tegasnya.

Pascakeluarnya TGB Muhammad Zainul Majdi dari Partai Demokrat, sejumlah orang terdekatnya juga ikut keluar. Antara lain, kakak kandung tertua TGB, Syamsul Lutfi, yang kini maju menjadi caleg DPR RI dapil NTB II Pulau Lombok.

Selanjutnya, Sitti Rohmi Djalilah juga ikut keluar dari gerbong Partai Demokrat. Pengunduran Sitti Rohmi Djalilah dari Partai Demokrat ini diambilnya usai dilantik Presiden Jokowi sebagai Wagub NTB di Istana Presiden Rabu (19/8). “Saya sudah mundur dari Demokrat, tidak lama setelah TGB mundur,” ujar Sitti.

Meski demikian, Sitti enggan menjelaskan apa alasan yang membuatnya mundur dari partai yang telah mengusung dan memenangkannya di Pilgub NTB.

“Tidak mungkin saya bisa sampaikan di sini. Hal-hal yang memang secara moral harus berada pada posisi itu,” jelasnya. Sitti mengatakan, setelah keluar secara baik-baik dari Partai Demokrat, ia kini berstatus nonpartai.

Amin menambahkan, hubungan antara TGB dengan Ketua DPP NasDem Surya Paloh telah berlangsung lama, sehingga pihaknya menampik isu dekat TGB dengan Surya Paloh lantaran mendukung kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019.

“Antara pak TGB dan pak SP sudah sejak lama saling berkomunikasi dan bersahabat, jadi enggak benar jika gara-gara dukungan Pilpres ke pak Jokowi, lantas hubungan dekat itu terbangun,” tandasnya. RUL

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

TGB Kritik Pernyataan Capres Prabowo Soal Pemindahan Kedubes Australia

MATARAM, DS – Pernyatan Capres Prabowo Subianto yang menyebut pemindahan kedutaan besar Australia dari Tel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *