Selasa , 28 Januari 2020
Home / Politik / Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Rachmat Ajak Tokoh Hindu Implementasikan Kebhinekaan Bangsa
Rachman Hidayat ketika sosialisasi 4 Pilar

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Rachmat Ajak Tokoh Hindu Implementasikan Kebhinekaan Bangsa

MATARAM, DS – Anggota MPR RI H. Rachmat Hidayat menggelar Sosialisasi Empat Pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika). Acara yang dihadiri seluruh Ketua Banjar se-Kota Mataram itu di salah satu perguruan tinggi Hindu swasta di Kota Mataram berlangsung semarak pada Rabu (4/12).

Anggota DPR RI dapil NTB itu menjelaskan bahwa MPR terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara. “Masyarakat harus memahami tugas-tugas MPR dan DPD,” ujar Rachmat.

Menurut Ketua DPD PDIP NTB itu, kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI mempunyai tujuan di antaranya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR. Serta, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Rachmat menegaskan, implementasi empat pilar harus terus digelorakan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

“Karena apa, empat pilar menjadi cara strategis dalam character building kepada mereka. Ketika nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika mampu mereka terapkan di kehidupan sehari-hari, saya yakin efeknya akan luar biasa,” tegasnya seraya menambahkan setiap masyarakat harus menjunjung tinggi toleransi. Semangat Pilar MPR RI, kata dia, mengajarkan hal tersebut.

“Lebih toleran, mau berbagi, gotong-royong dan yang terpenting menghargai perbedaan. Kita perkuat Kebhinekaan,” kata politisi gaek itu.

Dalqm arahannya pada Ketua Banjar se-Kota Mataram itu Rachmat mengajak agar mereka tak sekadar memahaminya. Lebih dari itu, masyarakat diminta untuk mengimplementasikannya dalam berinteraksi di lingkungan tempat tinggal serta masyarakat luas.

Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan ini diharapkan dapat menjadi umpan balik bagi anggota DPR/MPR RI dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga, dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Insyaallah bila dilakukan konsisten, kita semua bisa berguna untuk bangsa. Karena karakter yang teguh, berintegritas adalah modal dasar dari semua hal,” tandas Rachmat Hidayat. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Hanura Beri Sinyal Dukung Dinda di Pilkada Bima 2020

MATARAM, DS – DPC Partai Hanura Kabupaten Bima memberikan sinyal akan mengusung petahana, Hj. Indah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: