Kamis , 21 November 2019
Home / Politik / Soal Sosok Sekda Idaman NTB Tiga Elemen Masyarakat NTB Minta Pansel Terbuka ke Publik
Inilah wakil tiga kelompok masyarakat NTB yang memberi pandangan terkait sosok calon Sekda NTB

Soal Sosok Sekda Idaman NTB Tiga Elemen Masyarakat NTB Minta Pansel Terbuka ke Publik

MATARAM, DS – Eleman masyarakat NTB angkat bicara terkait figur lima pejabat Pemprov yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebagai calon Sekda NTB oleh Pansel JPT Madya Pemprov NTB.

Elemen masyarakat NTB yang tergabung pada tiga kelompok Gerakan Pemuda Lombok (GPL), Lesa Demarkasi dan Kelompok Kajian M-16 meminta Pansel JPT Madya Pemprov terbuka terkait hasil dan nilai masing-masing kelima pejabat teras pemprov tersebut.

“Kita minta Pansel Calon Sekda NTB untuk terbuka memaparkan hasil dan nilai pada setiap tahapan seleksi yang kini berjalan,” ujar Koordinator GPL, Taupik Hidayat, menjawab wartawan di Mataram, Minggu (13/10) petang.

Taupik menyatakan, keterbukaan Pansel JPT Madya itu penting, sehingga masyarakat mengetahui sepak terjang siapa figur Sekda yang terbaik. “Jangan kayak sekarang, kesannya kayak ada udang dibalik batu. Padahal, masyarakat juga berhak tahu dan memberikan masukan soal sosok Sekda terbaik NTB kedepannya,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Lesa Demarkasi NTB, Hasan Masat, mengingatkan Pansel agar memokuskan pada syarat formal pencalonan Sekda merujuk pada UU ASN Nomor 5 tahun 2012 untuk dikedepankan. Kata Hasan, dirinya terganggu manakala provinsi NTB yang terdiri dari tiga etnis besar, yakni Sasak, Sumawa dan Mbojo dikederdilkan adanya kepentingan oknum-oknum tertentu.

“Kami mendukung kerja Pansel asal keberagaman NTB dan aturan formal itu dikedepankan. Pokoknya, kita minta adanya kepentingan kelompok untuk dihilangkan,” tegas Hasan.

Terpisah, Direktur M-16, Bambang Mei Firnawanto, menambahkan, sosok Sekda idaman bagi provinsi NTB adalah mereka yang memiliki jaringan yang luas hingga ke pusat. Hal ini penting agar prinsip dan asas pemerintahan yang baik (good govarnance) bisa terus berjalan.

“Kita ini disajikan 5 calon Sekda, tinggal Pansel pandai memilih dan memilah mana yg terbaik. Pandangan saya, kalau tiga dikerucutkan itu adalah satu perempuan dan dua laki-laki yang tepat dikirimkan ke Kemendagri,” ungkap Didu tanpa menyebut figur nama-nama sosok calon Sekda NTB itu.

Diketahui, kelima pejabat pemprov NTB yang dinyatakan lulus tahapan lanjutan Sekda NTB, adalah Asisten I Setda NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M. Si, Kepala Distanbun NTB, Ir. H. Husnul Fauzi, M. Si, Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M. Si, Kepala DPMPTSP NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M. Si dan Asisten II Setda NTB, Ir. H. Ridwan Syah, MM, M.TP. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Nilai Ciderai Masyarakat, DPRD NTB Kecam PLN Terkait Pemadaman Listrik Bergilir

MATARAM, DS – Pemadaman listrik bergilir di sejumlah wilayah Pulau Lombok yang hingga kini masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: