Selasa , 28 Januari 2020
Home / Politik / Ribuan Kader Pancasila di Ponpes Manhalul Ma’arif Dikukuhkan
Anggota DPR RI H. Rachmat Hidayat (kiri) menyerahkan sertifikat akridatasi Pancasila pada pimpinan Ponpes Manhalul Ma’arif di Desa Darek TGH. Ma'arif Makmun,

Ribuan Kader Pancasila di Ponpes Manhalul Ma’arif Dikukuhkan

LOTENG, DS – Sebanyak 1.300 Kader Pancasila di Pondok Pesantren (Ponpes) Manhalul Ma’arif di Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah dikukuhkan Rais syuriah PCNU Loteng, TGH. Ma’arif Makmun.

Ribuan siswa yang kebanyakan berasal dari Madrasah Aliyah (MA) Manhalul Ma’arif dan SMA se-Kabupaten Lombok Tengah itu bertugas menghidupkan serta menghayati kembali nilai-nilai Pancasila.

Pengukuhan Kader Pancasila Lombok Tengah itu diinisiasi oleh Rais syuriah PCNU Loteng serta dihadiri langsung anggota DPR RI Dapil NTB-2 (Pulau Lombok) H. Rachmat Hidayat, Selasa (10/12).

TGH. Ma’arif Makmun berharap para Kader Pancasila yang telah dikukuhkan tersebut dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Harapan kami, kader-kader Pancasila dapat menularkan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila kepada masyarakat di sekitarnya. Sehingga rasa aman dan tentram dapat terwujud di tengah-tengah masyarakat di Lombok Tengah,” ujarnya dalam sambutannya.

Menurut dia, nilai-nilai Pancasila harus benar-benar terinternalisasi di kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat. “Karena munculnya persoalan-persoalan baik itu terkait politik, hukum, sosial dan lain-lain itu bukan tidak mungkin karena kurangnya pemahaman dan mengamalan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat,” ucap Ma’arif.

Ia mengatakan, pengukuhan para Kader Pancasila tersebut merupakan usaha pihaknya dalam merevitalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai konsensus identitas nasional. Sehingga, melalui upaya tersebut masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah, nantinya memiliki kesiapan mental dan spiritual untuk menghadapi keberagaman di tengah masyarakat.

“Yang pasti, kami juga harapkan Pancasila menjadi rujukan dan inspirasi dalam melaksanakan pembangunan daerah,” tegas Ma’arif.

Sementara itu, Anggota DPR RI H. Rachmat Hidayat mengaku, bangga atas inisiatif yang ditunjukkan oleh pimpinan Ponpes setempat yang menginisiasi terbentuknya kader Pancasila di lingkungan ponpes setempat.

“Harapan, saya jelas, jika para kader penerus bangsa ini punya bekal dan pemahaman akan nilai-nilai Pancasila, maka terbentuknya Desa Berkarakter Pancasila di wilayahnya masing-masing akan bisa terwujud,” tandas Rachmat.

Usai pengukuhan Kader Pancasila itu, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat oleh H. Rachmat Hidayat pada pimpinan Ponpes Manhalul Ma’arif TGH. Ma’arif Makmun disaksikan ribuan undangan yang hadir serta para siswa dan dewan guru di wilayah setempat. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Hanura Beri Sinyal Dukung Dinda di Pilkada Bima 2020

MATARAM, DS – DPC Partai Hanura Kabupaten Bima memberikan sinyal akan mengusung petahana, Hj. Indah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: