Senin , 19 Agustus 2019
Home / Politik / PKS Bantah Dukung Mohan di Pilwali Mataram 2020
H. Abdul Hadi MM

PKS Bantah Dukung Mohan di Pilwali Mataram 2020

MATARAM, DS– Partai Keadilan Sejahtera akan memrioritas kader internal untuk maju pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Mataram 2020 mendatang. PKS menilai banyak kader PKS di ibukota Provinsi NTB tersebut yang memiliki potensi.

“Banyak kader siap untuk diusung pada Pilwali Mataram 2020,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS NTB H. Abdul Hadi di Mataram, Senin (10/6).

Ia menyatakan, keputusan penentuan calon walikota yang akan diusung pada Pilwali Mataram mendatang, tetap menjadi kewenangan DPP PKS. Teknisnya, DPD PKS Kota Mataram harus mengajukan minimal dua pasangan calon untuk diserahkan ke DPW dan selanjutnya oleh DPW dikirimkan nama-nama tersebut ke DPP.

Oleh karena itu, komunikasi dan penjajakan koalisi sangat penting dilakukan oleh pengurus daerah terhadap para calon walikota maupun koalisi parpol yang akan diajukan pada Pilkada Mataram tersebut.

“Kalau PKS itu mengusung calon yang utama adalah kita lihat dari sisi elektabilitas kemoralannya. Tapi, tetap sosok yang kita perioritaskan adalah kader internal,” kata Hadi.

Menurut dia, saat ini sedang dilakukan penjaringan secara internal mengenai kandidat Pilwali Mataram. “Sekarang baru proses penjaringan di wilayah yang nanti akan diputuskan oleh pengurus tingkat wilayah, dan setelah itu baru kami rekomendasikan ke DPP,” ucap Hadi.

Selain menjaring calon internal, kata Hadi, PKS juga terus melakukan komunikasi dengan partai politik yang lain, meskipun hingga sekarang belum mengarah ke nama calon yang akan diusung pada Pilwali Mataram.

Sehingga, lanjut dia, terlalu prematur jika ada bakal calon walikota yang sudah sedini mungkin mendeklrasikan diri bergabung pada koalisi PKS. “Komunikasi formal kami lakukan oleh DPD PKS Kota dengan pertemuan sejumlah parpol, sedangkan yang komunikasi nonformal dilakukan oleh kawan fraksi-fraksi PKS DPRD Mataram,” jelas Hadi.

Selain upaya pemenangan Pilwali Mataram 2020, PKS juga tengah melakukan survei elektabilitas calon pada tujuh daerah lainnya yang juga menggelar Pilkada serentak di NTB pada tahun yang sama. Meski demikian, dalam pilkada tersebut pihaknya tetap menekankan pentingnya menjaga situasi kondusif di NTB selama pelaksanaan pesta demokrasi tiap lima tahun itu.

Terkait figur-figur internal yang layak diajukan. Hadi menuturkan, figur-figur PKS yang ada di Mataram sangat banyak jumlahnya. Diantaranya, calon terpilih DPRD NTB asal dapil Kota Mataram, TGH. Muhlis, Istiningsih, dan Ismu Hidayat. Tak hanya itu, kader PKS dari Lobar yakni HL. Pattimura Parhan juga bisa diajukan menjadi salah satu figur pada pilwali Mataram tersebut.

Ia menambahkan, pihaknya mengatensi munculnya sejumlah figur lainnya yang kini banyak disebut oleh publik di Mataram. Yakni, Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskan, mantan Sekda HL. Makmur Said dan Kadis Perdagangan Hj. Putu Selly Andayani.

“Peluang ketiga figur itu untuk kita usung juga terbuka, apalagi PKS punya lima kursi di DPRD Kota Mataram. Nanti, semuanya tergantung survei yang akan kita lakukan pada awal bulan depan. Yang pasti, PKS terbuka untuk siapapun, tapi memang perioritas utama adalah kader internal,” tandas Abdul Hadi. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Zul Dorong Pengerajin Lokal Tampilkan Beda dan Tambah Inovasi Disain Produk

MATARAM, DS – Sulitnya produk lokal bersaing dengan pasar luar negeri yang murah membuat para …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: