Senin , 22 April 2019
Home / Politik / KPU NTB Sebut Kekurangan Surat Suara Pemilu 2019 Sudah Terdistribusi ke Daerah
Inilah logistik Pemilu 2019 yang sempat kurang sudah mulai terdistribusi ke Wilayah Sumbawa

KPU NTB Sebut Kekurangan Surat Suara Pemilu 2019 Sudah Terdistribusi ke Daerah

MATARAM, DS – Kekurangan sebanyak 88.924 buah logistik pemilu berupa surat suara pada Pemilu 17 April 2019 untuk provinsi sudah mulai didistribusikan sejak Minggu (14/4) sore lalu. Ketua KPU NTB Suhardi Soud mengatakan, distribusi logistik pemilu khususnya wilayah kekurangan surat suara dilakukan pada daerah-daerah yang tersulit dijangkau, seperti di Kabupaten Bima, Dompu dan Sumbawa.

“Khusus daerah-daerah tersulit untuk dijangkau sudah dilakukan pendistribusian yang dimulai sejak tanggal 11-16 April 2019. Dan, bagi daerah yang dekat seperti di Pulau Lombok kita distribusikan mulai 15 dan 16 April jelang pencoblosan,” ujarnya menjawab wartawan, Senin (15/4).

Menurut Suhardi, kebutuhan surat suara di NTB pada Pemilu 2019 mencapai 18.740.745 lembar, sementara surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU) mencapai sekitar 57.000 lembar.

Dari total surat suara yang dibutuhkan tersebut, kekurangannya sebanyak 88.924 surat suara atau sekitar 0,4 persen akibat rusak. Umumnya, kekurangan surat suara disebabkan kertas suara rusak, diantaranya warna yang tidak jelas, robek dan terkena tinta dan lain-lain.

“Tapi, kita pastikan, seluruh surat suara yang sebelumnya kurang sudah dipenuhi dan sudah dikirim ke kabupaten/kota di NTB,” ungkap Suhardi.

Mantan Ketua KPU Sumbawa itu mengatakan, khusus teknis pengamanan distribusi logistik, dipastikan aparat keamanan sudah memberikan jaminan mulai dari proses awal sampai dengan akhir pemilu berjalan aman dan lancar.

“Hal ini penting agar nantinya hasil pemilu ini bisa diterima oleh semua pihak,” tandas Suhardi Soud. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

KPU Ajak Masyarakat Pantau Situng

MATARAM, DS- Masyarakat NTB telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 pada Rabu (17/4) lalu. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *