Jumat , 22 Maret 2019
Home / Politik / KPU NTB Coret 1 WNA Jepang di KSB Masuk DPT Pemilu 2019
Suhardi Soud

KPU NTB Coret 1 WNA Jepang di KSB Masuk DPT Pemilu 2019

MATARAM, DS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB kembali mendapat laporan sebanyak satu orang warga negara asing (WNA) yang terdaftar dalam pemilih tetap (DPT) di Pemilu 2019. Komisioner KPU,  mengatakan  telah menelusuri 1 WNA tersebut, dan benar adanya terdaftar di DPT Pemilu 2019.

“Bertambah satu orang WNA Jepang, sehingga total WNA yang ditemukan ini ada enam orang, dari sebelumnya lima orang yang kita temukan,” ujar Ketua KPU NTB, Suhardi Soud di Mataram menjawab wartawan, Sabtu (9/3).

Sebelumnya, KPU NTB menemukan lima WNA yang masuk dalam DPT Pemilu 2019. Kelima WNA tersebut telah dicoret dari DPT oleh KPU NTB. Suhardi mengungkapkan, satu WNA asal Jepang itu, bermukim di Dusun Nangka Lanung, Desa Benete Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“WNA ini atas nama Utako Uematsu. WNA ini terdata di KPU KSB dan sudah dicoret,” ucapnya.

Berdasarkan data yang ada di KPU pusat, untuk Indonesia seluruhnya terdapat 103 WNA dan tujuh orang lainnya berada di NTB. Dari tujuh WNA ini lanjut mantan Ketua KPU Kabupaten Sumbawa itu, setelah dilakukan verifikasi faktual di lapangan ternyata hanya lima orang saja.

Sementara dua orang lainnya merupakan WNI. Kemudian, dari lima WNA itu diketahui keberadaan mereka tiga di Lombok Barat, sementara dua lainnya berada di Dompu dan Mataram.

“Sebelumnya ada tujuh, tapi setelah dilakukan pengecekan faktual hanya lima orang saja. Kelima WNA itu sudah di coret dari DPT dan ada penambahan lagi WNA Jepang di KSB dicoret juga,” jelasnya.

Diketahui, lima orang WNA yang dikirimkan oleh KPU RI ke KPU NTB untuk dilakukan verifikasi itu, antara lain Guillaume Andre Marcel WNA Prancis bertempat tinggal di Kabupaten Lombok Barat.

Selanjutnya, Rex Cummins WNA Australia bertempat tinggal di Lombok Barat, Hendrikus CP WNA Belanda di Lombok Barat, Panagiotis Xydias WNA Yunani tinggal di Kabupaten Dompu, dan Hiromi Kanno WNA Jepang bertempat tinggal di Kota Mataram. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Pilpres 2019, Dua Kubu Optimis Menang di NTB

MATARAM, DS – Jelang pelaksanaan Pilpres 2019, suhu politik di provinsi NTB tak jauh beda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *