Sabtu , 23 November 2019
Home / Politik / Kinerja Pansel Sekda NTB Sudah Baik
Bambang Mei Finarwanto

Kinerja Pansel Sekda NTB Sudah Baik

MATARAM, DS – Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 Bambang Mei Finarwanto, mengakui kinerja panitia seleksi (pansel) Calon Sekda NTB telah bekerja dengan baik dan profesional. Menurut Bambang, dari periode penelusuran rekam jejak pada (8/10) lalu, maupun presentasi dan wawancara, terpantau sudah berlangsung secara objektif. Oleh karena itu, ia menyakini tidak ada main mata soal nama tiga besar yang bakal dibawa ke Gubernur tersebut.

“Setelah itu nama-nama bakal dibawa ke Kemendagri. Yang jelas, pansel jangan kendor. Fokus saja meski banyak manuver,” ujar Bambang menjawab wartawan, Rabu (16/10).

Ia mengatakan Sekda NTB mendatang bukan individu yang cuma berada dalam top off mind publik atau kepala daerah. Lebih dari itu, Sekda dengan kemampuan mengakselerasi program Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. Termasuk di dalamnya terlibat dengan baik dalam urusan tata birokrasi. Sanggup memerankan diri sebagai leader bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) provinsi NTB.

“Ya, jangan sampai nanti kayak robot. Sekda tanpa kreativitas dan inovasi. Pansel harus lebih dalam saat menelusuri rekam jejak,” kata Bambang.

Ia mengingatkan tiga nama calon Sekda Provinsi NTB yang telah diputuskan dibawa ke Pusat 18 Oktober mendatang prosesnya tetap akan dinamis. Bisa jadi yang namanya paling disebut publik tak terpilih, sebaliknya yang kurang disebut justru menjadi pilihan. Seandainya pun ada intervensi dari kepala daerah, bukan jaminan.

Seperti terjadi di Provinsi Kalimantan Timur beberapa waktu lalu, Sekda Provinsi Kalimantan Timur yang diputuskan Pusat tak sejalan dengan yang diinginkan kepala daerah. Dampaknya, Gubernur Kalimantan Timur tidak mau melantik Sekda pilihan Kemendagri. Akhirnya Pusat memutuskan untuk melantik Sekda tersebut di Jakarta. “Kejadian seperti itu juga terjadi di daerah lain. Di Provinsi NTB potensi itu bisa saja terjadi,” tandasnya.

Bambang mengakui, riuh-riuh suara dukungan yang berkembang hanya sekadar penggembira. Hanya ikut meramaikan nama top leader ASN Provinsi NTB semata. Bukan menjadi tolak ukur dan patokan pasti dilantik. “Kita lihat saja nanti. Yang penting catatan saya prosesnya sudah berjalan dalam rel yang tepat,” pungkasnya. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

IDI Magnet Bagi Investor

MATARAM,DS-Nilai Indek Demokrasi Indonesia (IDI) di suatu daerah dapat menarik Investor untuk berinvestaasi. Karena salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: