Senin , 14 Oktober 2019
Home / Politik / Isvie Satu-satunya Perempuan Anggota DPRD NTB
Hj. Baiq Isvie Rupaedah MH

Isvie Satu-satunya Perempuan Anggota DPRD NTB

MATARAM, DS- Sebanyak 65 orang anggota DPRD NTB periode 2019-2024 dilantik, Senin (2/9). Dari 65 orang itu, hanya satu orang anggota perempuan yakni. Hj. Baiq Isvie Rupaedah. Sehingga, komposisi keterwakilan perempuan yang hanya satu orang kali ini dianggap lebih buruk ketimbang periode sebelumnya yang mampu meloloskan sebanyak enam orang anggota DPRD setempat.

Ketua DPRD NTB sementara Hj. Baiq Isvie Rupaedah mengaku sedih dan terharu terkait dirinya yang hanya sendiri lolos menjadi anggota DPRD NTB kali ini mewakili unsur perempuan. Menurut dia, minimnya para caleg DPRD provinsi dari kalangan perempuan yang lolos kali ini, lantaran hingga kini, pemerintah belum memberikan aturan yang menguntungkan para caleg tersebut.

“Dengan sistem pemilu kayak sekarang ini, jika tidak aturan yang memberikan perlakukan khusus pada perempuan, maka jumlah perempuan di kursi legislatif akan terus berkurang kedepannya,” ujar Isvie menjawab wartawan di ruang kerjanya, Senin (2/9).

Sekretaris DPD I Partai Golkar NTB itu mengaku dengan jangkauan kewilayahan provinsi NTB yang cukup luas pada setiap daerah pemilihannya, maka hal itu jelas menyulitkan aksesibilitas para caleg perempuan untuk bisa berkiprah melawan kedigdayaan para caleg laki-laki.

Selain itu, dengan tipologi pemilih saat ini, maka hal tersebut juga bakal menyulitkan. “Kalau saya karena memang saya bekerja selama lima tahun, serta sempat tiga kali gagal nyaleg ke DPR RI, karena kalah, maka saya terus belajar dan belajar. Kegagalan itu yang menempa saya untuk berani bertarung,” kata Isvie.

Menurut dia, pekerjaan politik merupakan hobi yang sudah mendarah daging sejak lama. Sebab, kendati sempat menjadi tenaga pengajar (dosen) di Fakultas Hukum Universitas Mataram, namun darah politik yang mengalir dari ayahnya yang sempat menjadi bupati Lotim, membuat Isvie memilih jalur politik sebagai pekerjaan utamanya.

“Kalau di partai saya dikenal sebagai kader perempuan yang sering protes karena sikap kritis saya. Sehingga, oleh partai, saya dikasih hadiah ke tanah suci untuk berhaji pada tahun 1998 lalu. Selanjutnya, saya sempat juga menjadi anggota MPR RI untusan daerah dari Partai Golkar. Pastinya, pekerjaan di dunia politik ini saya geluti dengan ikhlas dan tulus,” tegas Isvie.

Ia berharap, kedepan dengan dirinya menjadi satu-satunya keterwakilan perempuan menjadi tonggak kebangkitan kaum perempuan untuk bisa kembali meraih kursi legislatif di Udayana. “Insya Allah, adanya saya yang akan memimpin lembaga DPRD, ini bakal menjadi spirit bagi perempuan di NTB untuk bisa bangkit dari keterpurukannya,” tandas Isvie Rupaedah. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Pimpinan DPRD NTB Dilantik, Gubernur Berharap Sinergi Terjaga untuk NTB Gemilang

MATARAM,DS – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah beserta Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: