Senin , 23 September 2019
Home / Politik / Figur Perempuan Harus Mulai Tampil di Pilgub NTB 2018

Figur Perempuan Harus Mulai Tampil di Pilgub NTB 2018

MATARAM, DS – Setelah menggagas munculnya figur alternatif dalam Pilgub NTB tahun 2018 diantaranya Nurdin Ranggabarani dan Rektor Unram Prof Sunarpi, kini kelompok kajian politik NTB, M-16 menggagas munculnya figur perempuan dalam pesta demokrasi lima tahunan di NTB.
Direktur M16, Bambang Mei Finarwanto, menilai keterlibatan kaum perempuan dalam konstestasi perpolitikan di NTB sangat penting. Hal ini guna menjaga keseimbangan gender sekaligus menghapus stigma atau diskriminasi terselubung yang menganggap kepemimpinan kaum perempuan lemah dalam memajukan pembangunan di NTB yang kaya akan multi etnik ini.
“Diusia NTB yang sudah 59 tahun ini, kesan terselubung yang bias gender terkait sulitnya menjadi pemimpin di NTB, karena paham patriarki masih kuat harus mulai dihapuskan dalam Pilgub kali ini,” ungkap Bambang menjawab DS, Sabtu (18/2).
Menurutnya, masyarakat NTB seharusnya perlu didorong guna membuat skema gerakan sosial berjaringan secara masiv kepada partai politik dalam rangka mendukung dan mengasesment para figur perempuan untuk dapat dimunculkan dalam Pilgub mendatang. Sebab, dari sisi pemilih, maka kaum perempuan justru lebih banyak dari pemilih laki-laki.
“Kami berkeinginan semua pihak menyuarakan hal ini. Harapannya, ada nuansa beda antara Pilgub kali ini dengan sebelumnya terkait munculnya figur dari tokoh perempuan kali ini,” kata Bambang.
Terkait masih adanya pro-kontra dalam kemunculan tokoh perempuan di politik NTB, Bambang mengakui hal tersebut merupakan hal yang biasa, lantaran negara Indonesia menganut paham demokrasi. Dimana, setiap perbedaan harus dimaknai sebagai bentuk kebebasan berpendapat yang dijamin konstitusinya.”Yang tidak boleh itu melakukan black campaign tentang sosok perempuan agar dikesankan tidak baik,” jelasnya.
Ia menambahkan, dalam kancah perpolitikan di NTB saat ini, sudah lahir figur kepala daerah perempuan di Kabupaten Bima. Menurutnya, meski dengan berbagai berbagai kelebihan dan kekurangannya, sosok Hj. Indah Damayanti Putri sudah dapat merubah paradigma kepimpinan wanita di NTB saat ini.
“Untuk di Pilgub NTB ini, ada sosok Hj Putu Selly Andayani, Hj. Robiatul Adawiyah (Anggota DPD RI) dan Hj. Baiq Diah Ratu Ganefi (Anggota DPD RI) yang perlu disupport dan diapresiasikan oleh parpol di NTB. Bagi saya, harus ada gagasan bersama mendorong figur wanita untuk tampil dalam pilgub kali ini,” tandas Bambang Mei Finarwanto.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Prioritaskan Kader Maju di Pilkada Serentak 2020, Demokrat Beri Najmul Keleluasaan di KLU

MATARAM, DS – Partai Demokrat akan mengutamakan mengusung kadernya dalam menyongsong kontestasi Pilkada Serentak tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: