Senin , 19 Agustus 2019
Home / Politik / Banyak Caleg Petahana Gagal, Gubernur Sebut Mereka Tak Pelihara Konstituen
Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah

Banyak Caleg Petahana Gagal, Gubernur Sebut Mereka Tak Pelihara Konstituen

MATARAM, DS – Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan, perubahan komposisi anggota DPRD di semua tingkatan, baik provinsi hingga kabupaten/kota yang banyak diisi muka-muka baru merupakan hal yang biasa. Menurut dia, adanya sistem pemilu yang berbeda tiap tahunnya, berdampak metedelogi dan strategi gerakan para caleg yang harus perlu dilakukan perubahan khususnya bagi para caleg petahana.

“Kalau saya, caleg-caleg berstatus petahana itu punya kelemahan dan kelebihan. Yakni, jika mereka tidak pelihara konsituennya maka bisa dihukum oleh masyarakatnya bakal tidak terpilih. Buktinya, kan itu terjadi pada pemilu 2019 ini,” ujar Zulkieflimansyah menjawab wartawan, Rabu (15/5).

Gubernur menyatakan di negara seperti Amerika Serikat, pemilihan para anggota kongres dilakukan setiap dua tahun sekali. Langkah ini adalah upaya UU di negara adi kuasa tersebut mengatur agar para anggota DPRD mereka dekat dengan rakyatnya. “Kalau saya penerapan dua tahun pemilihan ini patut dicontoh karena akan bisa jadi pelajaran bagi para politisi bagaimana seharusnya yang dilakukan agar rakyat mau dipilih itu,” kata Zul.

Meski demikian, ia membenarkan para anggota DPRD wajah baru yang terpilih pada pemilu 2019 umumnya memiliki kantong cukup tebal alias berduit. “Karena, sistem pemilunya serentak ya, biasanya yang banyak muncul itu yang punya modal cukup kuat. Itu suka atau tidak memang itu faktanya,” jelas Zul.
Terkait hubungannya dengan sebanyak 65 anggota DPRD NTB hasil pemilu 2019, gubernur optimis wajah baru yang bermunculan di gedung Udayana bisa melakukan kerjasama lanjutan.

“Kan saya punya pengalaman 15 tahun menjadi anggota DPR RI, Insyaallah enggak ada soal dan endak akan ada sesuatu yang baru dibawah matahari, artinya enggak masalah biar banyak yang baru, kan sepanjang bisa kita ajak komunikasi, saya yakin program pembangunan pemprov NTB akan tetap berjalan kok,” tandas Zulkieflimansyah. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Zul Dorong Pengerajin Lokal Tampilkan Beda dan Tambah Inovasi Disain Produk

MATARAM, DS – Sulitnya produk lokal bersaing dengan pasar luar negeri yang murah membuat para …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: