A place where you need to follow for what happening in world cup

Polda NTB Tunggu Audit Eksternal Tetapkan Tersangka Kasus Bobolnya Dana Nasabah Bank NTB Syariah

52

MATARAM, DS – Penyelidikan kasus bocornya dana kas Bank NTB Syariah terus mengalami kemajuan. Kendati modus pelaku melakukan pemindahan sekurangnya 440 rekening nasabah dengan modus pindah rekening pribadi orang dalam, telah mulai terkuak.

Hanya saja, penyidik Subdit II Perbankan Ditreskrimsus Polda NTB, hingga kini, belum menetapkan tersangkanya. Padahal, dalam laporan awal, besaran kerugiannya mencapai Rp11,9 miliar.

“Intinya, kalau terlapornya mengaku sakit. Kesehatannya nanti kita periksa. Biar nanti dokter yang menjelaskan status kesehatannya. Dokternya nanti dari kita yang tunjuk. Dia (terlapor) tetap akan diperiksa,” ujar Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana saat dikonfirmasi wartawan, Senin (11/10).

Menurut Ekawana, pihaknya meminta audit dari pihak eksternal terkait dugaan pembobolan dana nasabah Bank NTB Syariah. Sebab, audit eksternal ini, akan menjadi tambahan alat bukti untuk menjerat tersangka dugaan tindak pidana perbankan ini.

Ia membenarkan, jika laporan awal kerugiannya mencapai Rp11,9 miliar. Namun tidak menutup kemungkinan kerugian bisa bertambah.

“Ini karena biasanya audit dilakukan berdasarkan bukti-bukti hasil penyidikan,” kata Ekawana.

Dalam kasus ini, ditemukan transaksi perbankan nasabah dialihkan ke rekening pribadi. Modus ini dipakai selama delapan tahun. Sejak tahun 2012 sampai 2020.

Di mana, pembobolan dilakukan dengan mengalihkan transaksi nasabah ke tiga rekening pribadi yang dijadikan penampung. Transaksi yang dibobol ini antara lain transfer antarrekening serta setor tunai.

Transaksi itu baru akan diproses setelah nasabah komplain. Tindaklanjut komplain ini dengan mengambilkan dana dari transaksi nasabah lain.

Penyelia pelayanan nontunai berinisial PS diadukan sebagai terlapor. Polda NTB juga sedang mengembangkan keterlibatan orang lain. Terlapor PS merupakan penyelia yang membawahi pegawai.

Sebanyak 18 saksi sudah dimintai keterangannya di tahap penyelidikan. Saksi-saksi ini akan dipanggil lagi untuk diperiksa di tahap penyidikan. Hasil sementara, ditemukan pembobolan transaksi dari 440 nasabah sepanjang delapan tahun. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas