Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pokja Ekonomi Kampung KB Mulai Berkembang, DP3AKB Dorong Desa Inisiasi Dirikan Kampung KB

18

SELONG, DS – Beberapa kampung KB di Lombok Timur terlihat menunjukkan perkembangan di beberapa desa binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB). Hal ini dikatakan oleh Kepala DP3AKB, drg. Asrul Sani, saat dijumpai wartawan beberapa waktu lalu.

“Di beberapa kampung KB yang berkembang pokja ekonominya. Misalnya usaha kecil mikronya, produk-produk makanan dan sebagainya, dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga,” tutur Asrul.

Saat ini terdapat 44 kampung KB yang sebagian besarnya belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tentunya, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan keluarga berencana masih menjadi fokus kinerja DP3AKB di tahun 2021 mendatang.

Diharapkan olehnya, masing-masing desa ditangani oleh satu petugas lapangan keluarga berencana (PLKB). Saat ini satu PLKB masing-masing masih menangani lebih dari satu desa.

“Harapannya satu desa, satu PLKB. Tetapi dua desa dengan satu PLKB juga rasional. Berdasarkan proporsi itu, satu PLKB dua desa, sudah mencukupi,” ucap Asrul.

Pihaknya juga terus mendorong desa-desa di Lombok Timur untuk membentuk kampung KB. Keberadaan kampung KB ini diharapkan dapat membentuk keluarga berkualitas di setiap desa.

“Yang kita dorong ini bagaimana desa dengan inisiatif sendiri membentuk kampung KB. Sudah ada beberapa desa yang inisiatif membentuk kampung KB,” terangnya.

Sementara terkait peran kampung KB dalam pencegahan pernikahan dini, Asrul mengaku pihaknya belum melakukan evaluasi secara menyeluruh di tahun 2020 ini. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.