Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pokdarwis Diberi Pelatihan Pengelolaan Destinasi Dimasa Pemulihan Ekonomi

9

FotoPelatihan Pokdarwis di KLU

KLU, DS-Dalam rangka mengembalikan geliat pariwisata dimasa pandemi covid-19, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Lombok Utara (KLU) mendapat pelatihan kapsitas pengelolaan destinasi wisata. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lombok Utar menggelarnya di Hotel Mina Tanjung selama sepekan.

“Kita latih bagaimana mengelola destinasi wisata bagi para Pokdarwis kita. Kita ketahui kondisi pariwisata kita harus bangkit meski dimasa sekarang ini,” ujar Kepala Disbudpar KLU, Vidi Eka Kusuma, Selasa (6/10).

Dikatakannya, pelatihan ini diperuntukan supaya Pokdarwis mampu meningkatkan kapasitas khususnya pengelolaan destinasi. Terlebih ditengah pandemi, yang praktis tidak mampu berharap banyak oleh kedatangan wisatawan mancanegara.

“Untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan SDM. Karena destinasi kita yang digagas pokdarwis banyak,” ungkapnya.

Dengan pelatihan ini ketika sejumlah pokdarwis telah dapat menerapkan, maka outputnya para wisatawan diharapkan dapat memperpanjang lama tinggal pun meningkatkan tingkat kunjungan. Kendati, pokdarwis yang mengembangkan destinasi idealnya harus mampu bersinergi dengan desa dan masyarakat.

“Karena destinasi ini tidak terbatas administratif. Jadi sehingga ketika dikembangkan ada peningkatan kunjungan,” jelasnya.”Destinasi kita yang menonjol sekarang seperti Nipah, Pandanan, Impos, Prawira, dan juga Senaru,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Disbudpar KLU Zaenudin mengatakan, kegiatan ini dihadiri oleh 45 Pokdarwis di KLU. Yang jadi prioritas merupakan Pokdarwis baru sebab kegiatan serupa dilaksanakan setiap tahun. 

“Ini dilaksanakan 3 hari 2 hari teori dan sisanya kita akan praktik dilapangan yaitu di Kerujuk. Kita undang pemateri dari akademisi,” katanya.

Untuk anggaran kegiatan merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat yang mana tahun ini Disbudpar Lombok Utara mendapat jatah hingga lima kali gelar pelatihan. Selain pelatihan pengembangan SDM Pokdarwis, sebelumnya juga telah disediakan pelatihan diving, trekker, hingga paralayang.

“Yang paralayang kita akan segera lakukan kemungkinan minggu depan. Ini tidak hanya teori semata kita harap mereka bisa langsung mengembangkannya,”tandasnya.man

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.