BSK Samawa

Pohgading Semangat Membangun Ditengah Pandemi

Pengerjaan saluran di Desa Pohgading dengjan keterlibatan masyarakat setempat

SELONG, DS -Desa Pohgading, satu dari 15 desa yang ada di Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur (Lotim) NTB dengan penduduk 10.895 jiwa atau 3.391 KK di 10 kekadusan. Ke sepuluh kekadusan tersebut adalah Dusun Untas Mulia, Gubuk Daya, Pule Gading, Gubuk Timuk, Gubuk Tengak, Gubuk Lauk, Suka Datu, Hijrah, Bubur Gadung, dan Dedalpak. Sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani (pemilik, penyakap) dan buruh tani.

M.Zulkipli, S.Ap., Sekdes Pohgading, Kamis (20/01/2022), menyampaikan hasil pembangunan infrastruktur fisik di sepuluh dusun dalam kurun waktu tahun 2021 saat pandemi Covid 19 masih melanda. Beberapa jenis bangunan infrastruktur tersebut adalah Spal, Rabat Beton, Saluran, dan Gorong- gorong. Pengerjaan infrastruktur tersebut melibatkan masyarakat setempat dengan sistem PKT (Padat Karya Tunai).

Pembangunan itu masing-masing di dusun Untas Mulia berupa Spal dan Rabat Beton; Gubuk Daya berupa Spal dan Rabat Beton; Pule Gading berupa Rabat Beton dan Penerangam Lampu Lapangan; Gubuk Timuk berupa Spal; Gubuk Tengak berupa Rabat Beton; Gubuk Lauk berupa Spal dan Rabat Beton; Suka Datu berupa Spal, Gorong-gorong dan Saluran; Hijrah berupa Rabat Beton; Bubur Gadung berupa Saluran dan Rabat Beton;serta Dedalpak berupa Saluran.

Menurut Zulkipli, masyarakat bersemangat ketika ada kegiatan pembangunan infrastruktur di lingkungan dusun. “Alhamdulillah dengan PKT masyarakat terbantu, mereka ada pekerjaan dan dapat upah untuk menambah ekonomi keluarga,” imbuh alumni Fisipol Unmuh Mataram tahun 2016 ini.

Kata Zulkipli, kalau ditotalkan jumlah volume dari masing- masing jenis pekerjaan itu mencapai ratusan meter. “Untuk Rabat Beton sekitar 700 meter, Spal 250 meter, dan Saluran sejumlah 500 meter,” katanya (Kusmiardi).

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.