Menu

Mode Gelap

Pemerintah · 4 Mei 2022 18:02 WITA ·

PMI NTB Dominasi Penerbangan Internasional Perdana di Bandara Lombok


					FOTO. Penumpang yang mendarat di bandara Lombok. Penumpang AirAsia Nomor Registrasi PK-AZM QZ-462 dari Kuala Lumpur merupakan penumpang pertama untuk jalur rute internasional di bandara setempat beberapa waktu lalu. (FOTO. RUL/DS). Perbesar

FOTO. Penumpang yang mendarat di bandara Lombok. Penumpang AirAsia Nomor Registrasi PK-AZM QZ-462 dari Kuala Lumpur merupakan penumpang pertama untuk jalur rute internasional di bandara setempat beberapa waktu lalu. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Akhirnya, Bandara Internasional Lombok (BIL) kembali membuka rute penerbangan internasional. Salah satu maskapai internasional asal Malaysia, yakni AirAsia Nomor Registrasi PK-AZM QZ-462 dari Kuala Lumpur telah mendarat di bandara setempat pada Minggu (1/5) lalu, sekitar pukul 11.57 WITA.

Saat pendaratan pertama sejak dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, AirAsia mengangkut sebanyak 137 penumpang. Ratusan penumpang itu sebagian besar merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali dari Kuala Lumpur.

“Pembukaan kembali rute internasional ini merupakan momentum bagi kebangkitan pariwisata Lombok dan NTB. Diharapkan hal ini menjadi pembuka bagi masuknya rute-rute internasional dari bandara lain menuju Lombok,” kata General Manager Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/5).

Rahmat mengatakan, AirAsia akan melayani penerbangan Kuala Lumpur-Lombok dan sebaliknya setiap hari.

AirAsia QZ-462 dari Kuala Lumpur akan berangkat pukul 08.25 waktu setempat dan tiba di Lombok pukul 11.30 Wita.

Sedangkan, AirAsia QZ-463 akan berangkat dari Lombok pukul 10.30 Wita dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pukul 13.30 waktu setempat.

“Kami berharap ke depan akan makin banyak maskapai yang memanfaatkan penerbangan internasional di Bandara Lombok. Sehingga akan membawa dampak positif bagi industri pariwisata di Lombok dan NTB. Dengan demikian akan tercipta multiplier effect bagi kemajuan perekonomian daerah maupun nasional,” jelas dia.

Dengan dibuka kembalinya rute internasional ini, Bandara Lombok siap melayani dengan sebaik-baiknya siapapun yang akan datang.

“Berkaca dari pengalaman kami menyambut para tamu event WSBK 2021 dan MotoGP Maret 2022 lalu, tentunya kami siap menyambut kedatangan wisatawan internasional, termasuk juga para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang merupakan pahlawan devisa negara kita,” ungkap Rahmat.

Untuk diketahui Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata untuk 9 negara dan Visa on Arrival (VoA) khusus wisata untuk 60 negara yang ditunjuk oleh Indonesia sudah dapat dilakukan di Bandara Lombok.

Dengan adanya ketentuan tersebut, diharapkan dapat membantu pemulihan pariwisata internasional di NTB. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Belajar Limbah Jadi Bahan Bakar, Juju ke Amerika

30 September 2022 - 15:00 WITA

Jurus Baru Pemprov NTB Cegah Stunting

29 September 2022 - 12:47 WITA

Pemprov NTB Dukung Program DPD HNSI

29 September 2022 - 12:43 WITA

Alokasi Dana Baznas Masih Kurang, Begini Respon Gubernur NTB

29 September 2022 - 12:39 WITA

Wujudkan Net-Zero Emission Tahun 2050

27 September 2022 - 19:38 WITA

OPD Diminta Tertibkan Penggunan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

27 September 2022 - 17:54 WITA

Trending di Pemerintah