Pj Bupati Lotim Ikuti Rakor Pengendalian Iflasi Daerah, Ini Arahan Mendagri

Rakor pengendalian inflasi daerah

Selong,DS-Pj Bupati Lotim Ikuti Rakor Pengendalian Iflasi Daerah, Ini Arahan Mendagri
Selong, DS-Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Masfu dan sejumlah OPD mengikuti rakor pengendalian inflasi daerah secara virtual pada Senin (29/1).

Dalam Rakor tersebut, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengingatkan agar tetap bekerja untuk mengendalikan inflasi, selalu aktif dan berusaha. Ia menyebutkan ada beberapa komoditas yang harus diperhatikan, diantaranya; bawang putih, beras, telur ayam ras, jagung, dan pakan.

Selain itu, terdapat 328 pemerintah kabupaten/kota yang IPHnya mengalami penurunan dibanding bulan lalu. Ia menyebut itu hal yang bagus, namun harus tetap waspada.

“Tetapi memang ada beberapa yang harus diwaspadai karena memang daerah-daerah tersebut index proxinya berada di taraf nasional dan cukup tinggi,” ujarnya. Diketahui pada Desember 2023, sebanyak 75 daerah mengalami kenaikan harga sementara Januari ini jumlahnya turun menjadi 68 kabupaten/kota.

Mendagri juga mengingatkan agar setiap daerah tetap memantau pengendalian inflasi,
“Semua daerah tidak sama permasalahannya, contohnya; telur ayam ras, dan bawang merah,” ujarnya seraya menambahkan masing-masing daerah menindaklanjuti dan melakukan evaluasi terhadap upaya-upaya untuk menurunkan angka inflasi.

Sementara itu Deputi Bidang Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Puji Ismartini, menyebut ada beberapa komoditas yang mengalami inflasi pada pekan ke-empat Januari, diantaranya bawang putih, bawang merah, daging ayam ras, hingga minyak goreng, dan beras.

Perkembangan harga bawang putih sampai dengan pekan ke-4 Januari mengalami kenaikan harga sebesar 5,5%, bawang merah 11,47%, daging ayam ras mengalami kenaikan sebesar 3,10% sementara kenaikan harga beras sebesar 0,07%.hmlt

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.