Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pilkada Serentak 2020 Era Kemunculan Figur Baru

0 20

MATARAM, DS – Perhelatan tujuh Pilkada Serentak di wilayah NTB pada tahun 2020 diprediksi berjalan ketat. Jika merujuk raihan suara sementara Pileg 2019 maka terlihat banyak bermunculan figur baru yang berhasil menumbangkan calon petahana pada perebutan kursi DPRD di tujuh wilayah di NTB. Diantaranya, Kota Mataram, KLU, Lombok Tengah, KSB, Sumbawa Besar, Dompu dan Kabupaten Bima.

“Wajarlah, jika kita prediksi pertarungan yang banyak memunculkan figur baru pada Pileg 2019, akan membuat suasana pertarungan pada Pilkada 2020 menimbulkan persepsi tentang kekuatan politik yang tentu bakal ada energi baru. Dan parpol jelas ancang-ancang dan memperhitungkan akan kondisi itu,” ujar Direktur Kelompok Kajian Sosial-Politik M-16, Bambang Mei Firnawanto, dalam siaran tertulisnya, Selasa (7/5).

Menurut dia, kursi anggota DPR RI dari dua dapil NTB, yakni Pulau Lombok dan Sumbawa diprediksi akan diisi oleh figur baru. Serta, calon DPD RI asal NTB yang juga banyak bermunculan wajah baru merupakan snow ball dalam kontestasi Pilkada 2020. Apalagi, hasil Pileg 2019 yang penuh kejutan dari semua tingkatan itu bakal menjadi spirit bagi figur baru calon pemimpin daerah bertarung menjadi best of the best melawan incumbent.

“Tentunya, konfigurasi politik Pilkada 7 kabupaten/kota di NTB tetap akan mengacu pada perolehan kursi partai dalam pileg di NTB. Mengingat, ini tentu terkait dengan komposisi perolehan kursi masing – masing partai di DPRD kabupaten kota,” ucapnya. “Yang pasti, makin besar jumlah kursi partai di parlemen, maka akan memudahkan partai tersebut mengusung calonnya tanpa harus melakukan deal politik dengan partai lain,” sambung Bambang.

Ia mengatakan kontestasi Pilkada 2020 diprediksi akan lebih berkualitas dengan tampilnya figur baru yang memiliki kemampuan dan kapabilitas sebagai calon pemimpin daerah disamping kekuatan logistik politiknya. Munculnya figur baru itu menjadi early warning bagi kandidat petahanana terkait keinginan masyarakat akar rumput yang menghendaki adanya angin perubahan di level pimpinan mereka.

“Kalau kami, sedari awal tetap konsisten ingin mendorong munculnya para petarung baru dalam 7 Pilkada NTB di tahun 2020. Ini tentu akan menjadi pemantik yang positif bagi masyarakat yang menginginkan perubahan yang lebih baik,” tandas Bambang. RUL.

Leave A Reply