Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pilgub NTB, Paket Suhaili-Tiar Tersiar

0 169

MATARAM, DS – Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, mengaku belum mengetahui kabar jika Ketua DPD I Golkar NTB HM. Suhaili FT telah menambatkan pilihannya menggandeng putra mantan Gubernur NTB H Harun Al Rasyid, Tiar Rachman Harun Al Rasyid yang kini santer bakal maju menjadi bakal calon wakil gubernur (Bacwagub) mendampingi Bupati Loteng tersebut.

Meski demikian, Bupati Bima menegaskan komitmennya akan siap berjuang memenangkan Suhaili FT yang telah direkomendasikan DPP Golkar sebagai Bacagub NTB dari Partai Golkar dalam kontestasi Pilkada NTB 2018.

“Secara kepartaian saya malah belum tahu jika Pak Suhaili sudah memilih Mas Tiar sebagai pasangan Bacawagubnya. Namun, sebagai kader partai, mau tidak mau saya akan siap all out memenangkan keduanya,” ungkapnya menjawab wartawan diruang tunggu Gubernur NTB, Senin (10/7).

Indah mengatakan, pilihan sejumlah Bacagub NTB yang kini banyak melirik pasangannya dari wilayah Bima, sangat diatensinya. Sebab, hal tersebut dapat meneruskan tradisi dua wilayah di NTB, yakni Pulau Lombok dan Sumbawa.

Oleh karena itu, ia berjanji tidak maju dalam konstestasi Pilkada tahun 2018 guna memberikan kesempatan para kader dari wilayah etnis mbojo untuk dapat tampil dalam Pilkada tahun 2018 mendatang.

“Tidak saja pak Suhaili, setahu saya ada juga pak Walikota Ahyar yang kabarnya akan menggandeng putra dari Bima, bahkan mereka akan deklarasi pada akhir bulan ini. Sekali lagi, ini jelas berkah bagi masyarakat NTB, khususnya warga tiga kabupaten. Karena tradisi lama bisa terus dilanjutkan. Dan, wajar jika saya putuskan akan fokus menjabat sebagai kepala daerah di Bima hingga akhir periode kepemimpinan,” ujar Dinda.

Menurut istri mendiangan Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain itu, sesuai komitmen Ketua DPD I Golkar NTB saat roadshow beberapa waktu lalu, direncanakan calon pendampingnya dalam Pilkada NTB 2018 akan diperkenalkan ke semua kader Partai Golkar di semua wilayah NTB.

“Ini yang kami tunggu hingga kini kepastian waktunya kita akan dikumpulkan selaku kader Golkar. Semoga saja betul, Pak Suhaili akan memilih putra dari etnis Mbojo sebagai Bacawagubnya, sehingga tradisi kepimpinan dua pulau di NTB dapat berlanjut,” tandas Indah Damayanti Putri.

Diketahui, Suhaili FT telah bertemu dengan Tiar Rachman Harun Al Rasyid di Pendopo Bupati Lombok Tengah di Kota Praya pada Sabtu (8/7) lalu. Keduanya terlihat akrab, bahkan saling menyanjung. Suhaili mengaku memiliki kesamaan visi dengan sosok putra mantan Gubernur NTB H Harun Al Rasyid yang kini digadang-gadang menjadi bakal calon Wakil Gubernur mendampinginya maju dalam Pilkada NTB 2018.

Sebagai orang yang mengenal Tiar, Suhaili mengatakan sosok putra mantan Gubernur NTB itu merupakan putra terbaik NTB. Terlebih lagi, Tiar merupakan anak dari mantan orang nomor satu yang pernah menahkodai Bumi Gora, julukan NTB.

“Kalau dari latar belakang Tiar Rachman salah seorang putra NTB. Siapa tidak tahu, dia putra Harun Al Rasyid yang merupakan bagian dari warga NTB,” ujar Suhaili menjawab wartawan usai pertemuan itu.
Meski diakui Suhaili dirinya sempat lama tidak bertemu Tiar dan baru bertemu lagi di momen Pilkada, Bupati Kabupaten Lombok Tengah dua periode ini menilai sosok Tiar Harun Al Rasyid sebagai pribadi yang santun, penyabar, cerdas, profesional dan memiliki visi misi yang brilian tentang NTB kedepan. Hal ini tidak terlepas dari faktor ayahnya, mantan Gubernur NTB periode 1998 – 2003 H Harun Al Rasyid.

Meski demikian, Uhel panggilan akrab Suhaili, mengatakan pertemuannya dengan Tiar tidak lebih dari sekedar silaturahmi masyarakat di bulan Syawal setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. “Jadi kewajiban masyarakat dan warga bangsa melakukan silaturahmi. Temu kangen sebagai sebuah persaudaraan, karena sudah lama tidak berjumpa,” terangnya.

Menurut Suhaili, pertemuannya dengan Tiar, adalah bagian dari sharing tentang situasi terbaru di NTB. Dan seperti apa solusi memecahkan masalah yang ada di daerah tersebut.

“Kami diskusi kecil tentang bagaimana menambah pemahaman tentang situasi NTB dan sebagai warga ikut dalam memecahkan masalah ini kedepan dan itu sah-sah saja sebagai bagian dari warga NTB,” ujar Suhaili.

Bahkan, dalam politik dan pembangunan, jika bicara ke NTB-an, Suhaili memandang keterwakilan harus menjadi perhatian. “Mengenai keterwakilan, sebagai bagian masyarakat NTB harus bisa mengambil peranan. Karena, bagaimanapun NTB bersatu, jadi modal dasar untuk provinsi ini meraih sukses dan tentunya menjadi keinginan masyarakat NTB semua,” ucapnya.

Terpisah, Tiar Rachman Harun Al Rasyid mengaku pertemuannya dengan H Moh Suhaili FT merupakan silaturahmi antara saudara. “Ini silaturahmi adik kepada kakak,” tuturnya. Bahkan, Tiar menegaskan, sudah lama mengenal sosok Suhaili FT baik sebelum dan sesudah menjadi Bupati Lombok Tengah. Karena, saat ayahnya menjadi Gubernur, dirinya sering di ajak bersilaturahmi untuk bertemu tokoh-tokoh masyarakat NTB. Meski tak luput dari nama besar sang ayah H Harun Al Rasyid. Dirinya tidak ingin bergantung dan terlena. Termasuk, dalam meniti karier sebagai seorang profesional (ahli tambang, red). fahrul

Leave A Reply