Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 11 Okt 2017 15:13 WITA ·

Petani Diminta Olah Cabai 


					Kadis Perdangangan NTB Dra Hj. Putu Selly Andayani MSi Perbesar

Kadis Perdangangan NTB Dra Hj. Putu Selly Andayani MSi

MATARAM, DS – Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj. Putu Selly Andayani meminta para petani di wilayah NTB agar menjual cabai dalam bentuk olahan untuk menambah nilai jual harga komoditas cabai. Hal itu menyusul, terpantau di sejumlah pasar-pasar tradisional di wilayah Pulau Lombok, harga cabai rawit akhir-akhir ini anjlok hingga mencapai harga Rp 3 ribu per kilogram.

“Sejak awal kita sudah sarankan harus ada olahan dari industri cabai. Misalnya dibuat sambal cengeh, kerja sama dengan industri olahan sambal juga bisa. Ini bagian kita mengantisipasi anjloknya harga cabai,” ujar Selly menjawab wartawan, Selasa (10/10).

Meski harga belum turun, pihaknya berharap masyarakat tidak terlalu panik. Pihaknya memperkirakan kenaikan harga cabai tidak berlangsung lama karena bersifat sementara, tergantung dari permintaan.

“Ini karena masalah ketersediaan stok saja, karena harga bagus di pasar sehingga di ambil daerah lain,” ungkapnya.

Terkait, harga sejumlah bumbu dapur, seperti cabai rawit, cabai keriting, bawang merah dan bawang putih, Kadis Pertanian dan Perkebunan NTB, Husnul Fauzi di lokasi yang sama juga mengatakan Pemprov NTB telah meminta kepada Kementerian Pertanian untuk menentukan harga pembelian di tingkat petani.

“Sesuai dengan tiga analisa yang kami gunakan yaitu analisa SWOT, Benefit Cost Ratio (B/C Ratio) dan Break Even Point (BEP). Nah dari BEP, B/C Ratio dan SWOT ini maka harga yang paling rendah untuk pembelian cabai rawit di tingkat petani itu Rp 16.500 dan bawang merah Rp 22.500. Mudah-mudahan disetujui oleh Menteri, agar tidak ada gejolak di tingkat petani,” tandasnya. fahrul

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

JMSI Apresiasi KBRI Madrid dan Dubes RI Kerajaan Spanyol Bangun Poros Global

17 Mei 2022 - 17:49 WITA

Tambah Satu Mobil Tangki Lagi, HBK PEDULI Tingkatkan Suplai Air Bersih Gratis untuk Warga Terdampak Kekeringan di Lombok

17 Mei 2022 - 17:09 WITA

Harga Jagung Anjlok, Gubernur NTB Beri Solusi Jalur Ekspor

15 Mei 2022 - 19:09 WITA

Bakal Buat Baper, Sultan Food Siap Luncurkan Minuman yang Segar-Segar

13 Mei 2022 - 17:39 WITA

Gubernur NTB : Ide Besar Muncul Saat Diskusi Sederhana

12 Mei 2022 - 06:34 WITA

Organisasi Perempuan NTB Diharap Bantu Pemberdayaan Ekonomi

11 Mei 2022 - 08:20 WITA

Trending di Ekonomi