Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 7 Des 2020 22:02 WITA ·

Perkuat Hubungan Emosional Keluarga untuk Minimalisir Nikah Dini


					Nurhidayati Taofik Perbesar

Nurhidayati Taofik

SELONG, DS – Kepala Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (ULP PPA), Lombok Timur, Nurhidayati Taofik membenarkan terjadinya peningkatan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak pada tahun 2020 ini. Dijelaskannya, pernikahan dini masih mendominasi kasus yang menimpa anak.

“Kalau dikomparasi antara Juni 2020 dengan Juni 2019, memang keliatan sekali, kekerasan terhadap perempuan dan anak. Urutannya pernikahan usia anak, kekerasan seksual, penelantaran,” terang Nurhidayati, saat dijumpai, Senin (07/12).

Dari data yang ada, diketahui jumlah sebanyak 25 kasus pernikahan dini tercatat hingga Oktober 2020. Lemahnya komunikasi antara orangtua dan anak masih ditengarai menjadi penyebab terjadinya pernikahan dini di Lombok Timur.

Dikatakannya, pembatasan sosial di masa pandemi seharusnya menjadi momentum yang bisa dimanfaatkan untuk merajut kebersamaan antar anggota keluarga. Sehingga, kedekatan emosional antara orangtua dan anak semakin terjalin.

“Artinya yang harus kita sadarkan adalah orangtua. Harusnya memanfaatkan kebersamaan ini untuk lebih saling dekat dan saling memahami,” ucapnya.

Orangtua juga harus mengambil peran dalam memberikan pendampingan saat anak sedang menggunakan gawai. Agar diketahui kapan anak benar-benar memanfaatkan gawai untuk keperluan daring. Ataupun hanya sekedar digunakan untuk mainan semata.

Sementara kasus terhadap perempuan didominasi oleh kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dengan jumlah 35 kasus. Hal ini ditengarai terpicu oleh perekonomian masyarakat yang menurun. Sehingga berpengaruh pada tingkat stres anggota keluarga.

Diperlukan upaya untuk meningkatkan kembali geliat ekonomi masyarakat untuk mengurangi dampak stres tersebut. Yaitu dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat.

“Yang paling efektif sih pemberdayaan. Beberapa OPD kita lihat mulai melakukan penguatan UKM, kata dia. Dd

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Mudik Lebaran Idul Fitri, RSUD Provinsi NTB Siap Beri Pelayanan 24 Jam

4 Mei 2022 - 18:04 WITA

Jadikan Mata Telinga Gubernur, “NTB Care” Gulirkan Bantuan Kursi Roda untuk Said

26 April 2022 - 22:18 WITA

Nuzulul Qur’an di Mataram Diwarnai Vaksinasi

22 April 2022 - 20:51 WITA

Polda NTB, PWNU dan Kemenag Bersama Sukseskan Program 1 Juta Vaksinasi Booster

22 April 2022 - 09:46 WITA

Wagub Klaim 100 Persen Posyandu dI NTB Sudah jadi Posyandu Keluarga

20 April 2022 - 13:09 WITA

Dirikan Posko Terpadu PPKM di Poto Tano, Dandim : Petugas Siapkan Gerai Vaksin dan Bagikan Masker ke Masyarakat

17 April 2022 - 15:42 WITA

Trending di Kesehatan