Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pergantian Tahun di NTB Kondusif

0 4

MATARAM, DS – Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama Kapolda NTB, Irjen Pol. Nana Sudjana memantau pengamanan perayaan malam tahun baru di sejumlah lokasi di wilayah Pulau Lombok pada Selasa (31/12) malam, kemarin

Dalam pantauan tersebut, Gubernur NTB juga didampingi Danrem 162/WB Kolonel Czi. Ahmad Rizal Ramdhani meninjau secara langsung pos pengamanan yang ada di Karang Jangkong Mataram dan pos pengamanan yang ada di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Dalam tinjauan tersebut Gubernur tak lupa memberi semangat untuk jajaran kepolisian dalam melakukan monitoring pos yang ada di wilayah hukum masing-masing. Hal ini untuk memastikan kondisi perayaan tahun baru berjalan dengan lancar dan aman.

Mengingat, kata Zul, provinsi NTB ini milik bersama. Sehingga, keamanan dan kenyamananya perlu dirawat dan dijaga secara bersama-sama. “Untuk para petugas tetap selalu menjaga kesehatan dengan baik agar dapat melaksanakan tugas secara maksimal,” kata Gubernur saat menyapa para petugas pos pengamanan.

Polda NTB telah memetakan sejumlah titik yang menjadi prioritas pengamanan selama berlangsungnya perayaan malam tahun baru 2020 di NTB. Lokasi yang mendapatkan prioritas pengamanan di antaranya Taman Sangkareang, Senggigi, Kuta Mandalika dan wisata Tiga Gili, Lombok Utara.

“Alhamdulillah sampai dengan malam ini, kondisi daerah kita aman dan lancar,” tegas Gubernur.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, patroli bersama Forkopimda NTB dilakukan sebagai bagian Operasi Lilin Gatarin 2019.

“Operasi Lilin saat ini menginjak H+ 9 dari pelaksanaan operasi 10 hari. Jadi hari ini adalah pengamanan malam tahun baru,” kata Kapolda.

Ia mengatakan, personel yang terlibat dalam pengamanan malam pergantian tahun kali ini, terdiri dari unsur Polri dan TNI serta personel Polisi Pamong Praja (Pol PP) provinsi dan kabupaten/kota.

“Terkait pengamanan ini, personil yang dilibatkan adalah sekitar 3.500 personel, terdiri dari Polri sekitar 1.500 personel, TNI 750 personel, kemudian dari instansi terkait sekitar 500-an dan dari masyarakat itu ada sekitar 300 orang,” jelasnya.

“Alhamdulillah, bahwa sampai saat ini perkembangan situasi sesuai laporan dari jajaran Polda NTB sangat kondusif, tidak ada permasalahan-permasalahan yang menonjol,” sambung Kapolda.

Kondisi lalu lintas juga cukup lancar dengan adanya rekayasa lalu lintas oleh Satuan Polisi Lalu Lintas.

“Terkait lantas juga sampai malam ini bisa dikatakan cukup lancar, memang beberapa sasaran terkait dengan pelaksanaan pengamanan malam tahun baru, kita fokus pengamanan di Sangkareang Mataram kemudian Senggigi kemudian Mandalika dan Gili Trawangan,” tandas Irjen Nana Sudjana. RUL.

Leave A Reply