Berbagi Berita Merangkai Cerita

Perda Perlindungan PMI Lotim Perlu Penyelarasan

9

Seminar inklusif untuk perlindungan komunitas pekerja migran

SELONG, DS – Advokasi Buruh Migran Indonesia (ADBMI) menggelar seminar inklusif untuk perlindungan komunitas pekerja migran, Rabu (30/06). Langkah ini sebagai upaya mendorong pemerintah daerah menelurkan payung hukum untuk perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Supaya kebijakan perlindungan buruh migran itu tidak lagi parsial. Supaya lebih konfrehensif, dan inklusif,” kata Direktur ADBMI, Roma Hidayat.

Menurutnya, permasalahan PMI bukan hanya sebatas bidang ketenagakerjaan semata. Namun, merupakan masalah sosial yang harus ditangani secara inklusif.

Ia pun menilai, pemerintah kabupaten Lombok Timur belum serius memperhatikan permasalahan PMI. Karena faktanya, Perda perlindungan PMI sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini.

Bagaimana tidak, Perda perlindungan PMI Lombok Timur yang ada adalah perda yang dicetuskan tahun 2006. Sementara undang-undang perlindungan pekerja migran terakhir adalah UU nomer 18 tahun 2017.

“Hierarki hukum itu kan harus tegak lurus dengan peraturan di atasnya,” ucapnya. Oleh sebab itulah perlu dilakukan penyelarasan Perda dengan UU nomer 18 tahun 2017 tersebut.

Salah satu poin yang tidak relevan dengan Perda adalah tentang keberadaan Lembaga Terpadu Satu Atap (LTSA). Padahal, hal tersebut bagian dari perubahan yang fundamental di dalam UU nomer 18 tahun 2017.

Sementara itu, Ketua DPRD, Murnan yang turut hadir pada kesempatan tersebut mengatakan legislatif telah menginisiasi pembentukan perda perlindungan PMI. Raperda ini telah dimasukan dalam pembentukan perda tahun 2021, dan saat ini dalam proses penyusunan naskah akademik, dan draft.

“Kalau ini segera, insyaallah akan segera public hearing. Ini bagus terus menerus kita diskusikan supaya sesuai dengan kebutuhan dan aturan,” cetusnya.

Meskipun baru diketahui di 2020, Perda ini ditargetkan dapat tuntas pada tahun 2021. “Kami rencana tuntaskan,” jawabnya singkat. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.