Perangi Pandemi Covid-19, Relawan RC-19 NTB Galang Dana Bantu APD Tenaga Medis

2 min read

MATARAM, DS- Relawan COVID-19 (RC-19) NTB turut bergerak untuk melawan pandemi Corona Covid-19 yang tengah melanda Indonesia, termasuk di Provinsi NTB saat ini. Relawan yang terdiri dari kalangan Jurnalis, LSM dan Praktisi Hukum itu berhasil menghimpun donasi sebesar Rp 40.475.000 dari sebanyak 64 donatur yang ada di lingkup NTB. Gerakan melawan Corona di NTB yang tergabung dalam grup whatsapp Pojok NTB itu baru dua pekan diluncurkan.

Koordinator Relawan COVID-19 NTB, Fihiruddin, mengatakan upaya kepedulian pihaknya yang dilakukan kali ini, tidak lain sebagai bentuk kepedulian menyikapi situasi dan kondisi saat ini di NTB. Apalagi, di Provinsi NTB sudah terdapat dua orang yang positif virus Corona.

“Melalui donasi yang kita lakukan adalah membantu pembelian alat perlengkapan diri (APD) bagi tenaga medis,” ujar dia menjawab wartawan, Senin (30/3).

Fihiruddin mengakui donasi yang telah dikumpulkan akan difokuskan untuk pembelian APD tenaga medis sebanyak 250 lembar. Selain itu, pengadaan masker sebanyak 500 lembar juga akan dilakukan.

“Kenapa kami fokuskan APD, ini juga berdasarkan hasil diskusi dengan pihak rumah sakit dan Kepala Dinas Kesehatan. Karena memang APD ini paling dibutuhkan saat ini,” kata dia.

Fihirrudin menuturkan, daerah yang menjadi fokus pendropingan APD akan dilakukan di Pulau Lombok masing-masing, Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, dan Lombok Timur.

Rinciannya APD, untuk Kota Mataram sebanyak 55 buah, Lombok Barat sebanyak 25 buah, Lombok Tengah sebanyak 30 buah, Lombok Utara sebanyak 40 buah dan Kabupaten Lombok Timur sebanyak 100 buah.

“Untuk APD nya bervariasi. Nah, sedangkan untuk masker akan kita bagikan bagi masyarakat umum. Insya Allah, rencananya akan kita distribusikan hari Jumat tanggal 3 April mendatang,” ucap Fihiruddin.

“Agar pendistribusian APD berjalan lancar dan tepat sasaran, kami membentuk sebuah tim untuk di masing-masing kabupaten/kota tersebut. Yang pasti, kami menghaturkan terima kasih pada para donatur yang sudah mendonasikan dana mereka selama ini,” sambungnya. RUL

Tinggalkan Balasan