Berbagi Berita Merangkai Cerita

Perairan Laut NTB akan Dimasuki Ratusan Kapal Perang

0 6

MATARAM, DS – Ratusan armada kapal perang dari 38 negara sahabat telah memastikan hadir guna membawa sedikitnya 4 ribu personil guna merapat di perairan Lombok menyusul ditetapkannya Provinsi NTB sebagai tuan rumah event dunia bertajuk Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 pada 4-9 Mei mendatang

“Mereka akan datang dengan membawa ratusan personil angkatan lautnya dan juga kapal perang masing-masing,” ujar Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, menjawab wartawan usai penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara TNI Angkatan Laut dengan Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kota Mataram, Pemerintah Kabupaten  Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah dan Klungkung di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB, Kamis (8/2).

Didik mengatakan, Indonesia juga akan memamerkan dua kapal perang terbarunya yakni kapal I Gusti Ngurah Rai dan RE Martadinata.  Hajatan besar ini juga akan melibatkan dukungan dari Pemprov NTB, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, dan Klungkung, Bali.

“Masing-masing kabupaten memberikan dukungan yang berbeda, mulai dari awal kedatangan hingga berakhirnya acara,” kata Didik.

Ia mencontohkan, Kabupaten Lombok Barat yang akan menggelar dua tarian kolosal yang melibatkan 300 penari. Didik berharap, MNEX 2018 bisa ikut mempromosikan pariwisata NTB.  “Kita berharap kegiatan ini bisa menjual NTB dalam hal pariwisata dan budaya sehingga bisa berdampingan dengan Bali,” jelas Didik.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, H. Muhamad Amin, menyambut baik ditunjuknya Provinsi NTB menjadi tuan rumah hajatan besar dunia bertajuk Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) tahun 2018 itu.

Sebab, kegiatan MNEK selaras dengan program Pemprov dalam rangka memantapkan orientasi pembangunan maritim di NTB. “Kita berharap kedatangan para pelaut dari negara-negara sahabat ke Lombok dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kunjungan pariwisata dan meningkatkan investasi di NTB,” ujar Amin.

Wagub menuturkan kegiatan yang melibatkan sebanyak 38 negara sahabat tersebut akan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan industri pariwisata NTB yang kini telah tumbuh pesat.

“Adanya kegiatan ini akan pula menumbuhkan ekonomi kreatif, sehingga lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan investasi, serta peningkatan kemajuan dari berbagai sektor lainnya akan bisa terwujud,” tandas Muhamad Amin. fahrul

Leave A Reply