Penurunan IPH Tertinggi di Indonesia, Begini Kata Pj Bupati

Rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah.pkp

Selong, DS-Lombok Timur menjadi kabupaten dengan penurunan indeks perkembangan harga (IPH) tertinggi di Indonesia mencapai 8,36%. Penurunan tersebut terjadi pada pekan kedua Desember.

Dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang berlangsung Senin (18/12), Pj. Bupati Lombok Timur, H. Muhammad Juaini Taofik, menyampaikan keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan. Sejumlah upaya telah dilakukan seperti lebih intensif melakukan sidak maupun monitoring harga, memperluas jangkauan dan frekuensi operasi pasar, memperpendek rantai pasar komoditas dengan fluktuasi harga tinggi, serta komunikasi dan koordinasi, utamanya dengan pengepul besar yang dilakukan secara periodik. Ia mengingatkan untuk secara konsisten melakukan hal tersebut.

Apa yang dicapai pada pekan kedua Desember tersebut, kata Juaini, menjadi acuan pada pekan berikutnya, bahkan hingga tahun 2024 mendatang. Karena itu pula ia mengingatkan masing-masing sektor untuk fokus melaksanakan apa yang telah dikerjakan.

Sementara itu jelang natal dan tahun baru, Pj. Bupati memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan untuk mengecek kondisi rantai produksi maupun distribusi, sedangkan kepala Dinas Pertanian diminta fokus di sektor hulu utamanya hortikultura seperti cabai. Juaini mengingatkan untuk memastikan siklus tanam maupun panen terpantau sehingga kekurangan produksi dapat diantisipasi.

Kepala Badan Pusat Statistik Lombok Timur, Muhadi, yang turut mengikuti rapat koordinasi tersebut mengingatkan untuk terus melakukan pemantauan terhadap IPH. Ia juga meminta pelaporan terhadap bertambahnya lokasi analisis dari Pasar Pancor dan Paokmotong sehingga dapat diakomodasi pada sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan. Selain itu perkembangan harga pasar harus dilaporkan sesegera mungkin kepada pimpinan.

Selain Lombok Timur, di Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Barat juga menjadi 10 kabupaten dengan penurunan IPH tertinggi dengan angka 4,12%. Kondisi inflasi di NTB adalah 2,66 atau masuk dalam 10 provinsi dengan tingkat inflasi terendah.

Rakor yang berlangsung secara virual tersebut dipimpin Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro dan diikuti seluruh kepala daerah se-Indonesia.hmlt

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.