Menu

Mode Gelap

Politik · 16 Mei 2022 17:44 WITA ·

Penuhi Kriteria Pemimpin, Masinton : Mbak Puan Ditempa Sejarah dan Waktu Sejak Remaja


					FOTO. Masinton Pasaribu . (FOTO. RUL/DS). Perbesar

FOTO. Masinton Pasaribu . (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Anggota DPR RI dari fraksi PDI-P Masinton Pasaribu menilai Puan Maharani memenuhi kriteria seorang pemimpin. Sebab, cucu Soekarno dan putri Megawati Soekarnoputri itu sudah ditempa sejarah sejak usia masih belia.

“Beliau ditempa sejarah dan waktu. Dia dari muda sudah diajak oleh ibundanya Megawati Soekarnoputri dan almarhum ayahandanya Taufiq Kiemas ketika jaman otoritarian orde baru,” kata Masinton kepada wartawan, dalam siaran tertulisnya, Senin (16/5).

“Beliau dari sekolah sudah diajak. Kemudian dia juga lulus di perguruan tinggi yang lumayan, bukan karena fasilitas. Waktu itu kan siapa sih yang mau fasilitasi keluarga Bung Karno,” sambung Masinton.

Saat mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk pertama kalinya pada 2009, Puan juga berhasil mendapatkan suara terbanyak.

Puan yang saat itu maju melalui daerah pemilihan dapil Jawa Tengah 5 (meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali) memenangkan 242.504 suara, terbanyak kedua secara nasional.

“Itu tentunya hasil kerja keras. Bahwa dia cucu bung Karno dan putri Bu Mega ia. Tapi beliau dipersiapkan, dikader dan mengkader dirinya untuk memimpin masyarakat,” kata Masinton.

Tiga tahun di Senayan, Puan pun terpilih sebagai Ketua Fraksi PDI-P. Menurut Masinton, Puan dapat memimpin fraksi PDI-P yang saat itu menjadi oposisi dengan sangat baik.

“Ketika dia ketua fraksi beliau mampu memimpin dan mengorkestrasi sikap oposisi. Itu tidak mudah,” kata Masinton.

Selanjutnya pada 2014, Puan kembali maju dalam pemilu legislatif dan lagi-lagi meraih suara terbanyak kedua. Namun Puan melepas kursinya di DPR karena dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Puan dapat berkinerja baik dan dipertahankan oleh Jokowi-Jusuf Kalla sampai masa jabatan mereka berakhir pada 2019.

“Jadi menko, yang membawahi 8 sampai 9 kementerian tentu itu luar biasa,” kata Masinton.

Setelah masa jabatan Jokowi berakhir, Puan kembali terpilih sebagai caleg dengan suara terbanyak. Ia pun kembali ke Senayan dan kali ini terpilih sebagai Ketua DPR.

Tak hanya memimpin satu fraksi, namun kini Puan menjadi pemimpin bagi 575 anggota DPR.

“Dan yang dipimpin itu elite-elite di republik ini. Ada ketua umum partai, petinggi-petinggi partai. Apalagi anggota DPR itu ideologinya berbeda beda, tapi beliau mampu memimpin itu,” kata Masinton.

Dengan rekam jejak itu, Masinton pun meyakini Puan bisa sukses mencalonkan diri dan terpilih sebagai Presiden RI pada 2024 mendatang. RUL.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Civitas Akademika Unhas Sebut TGB Layak jadi RI 1 atau RI 2

11 Juni 2022 - 18:05 WITA

Surat PAW Wakil Ketua DPRD Belum ke Mendagri, Gerindra NTB Pertanyakan Sikap Gubernur

10 Juni 2022 - 17:50 WITA

Selamat Hari Pancasila

1 Juni 2022 - 16:11 WITA

Hari Lahir Pancasila, PDIP NTB Gaungkan Tanam Pohon Produktif di Tempat Ibadah

1 Juni 2022 - 16:09 WITA

Zakiy : “Ungkapan Pak SBY Sometime We Win, Sometime We Learn jadi Spirit Bangun Kebersamaan Kader Demokrat Mataram

27 Mei 2022 - 16:10 WITA

Daftar Ketua Demokrat Mataram, Imam “Gas Poll” Diantar Zaini dan Ustad Ahda

23 Mei 2022 - 17:42 WITA

Trending di Politik