Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pengurus BPPD Lotim Diumumkan Pekan Depan

63

Dr Mugni

SELONG, DS – Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Timur akan mengumumkan susunan kepengurusan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) pada pekan depan. Hal ini ditegaskan Kadispar Lombok Timur, Dr. Mugni saat ditemui awak media, Selasa (15/06).

“Tanggal 21, kalau tidak tanggal 24,” kata Mugni.

Delapan orang yang lolos seleksi anggota BPPD ini akan diserahkan namanya kepada Bupati Lombok Timur, setelah Bupati kembali dari luar daerah.

Dari delapan nama tersebut, empat diantaranya berasal dari asosiasi kepariwisataan, dua dari jurnalis, dan dua dari akademisi.

“Belum saya sampaikan. Mungkin hari Jumat bapak datang, baru saya menghadap,” katanya.

Keanggotaan BPPD Lombok Timur berjumlah sembilan orang. Kekurangan satu orang lagi merupakan hak Bupati sepenuhnya untuk memilih orang yang dipercaya.

Penambahan ini bisa saja berasal dari asosiasi kepariwisataan, asosiasi profesi, maupun akademisi. Tergantung kebijakan Bupati dalam menempatkan personal yang dibutuhkan.

Sedangkan dalam pemilihan ketua BPPD bisa saja merupakan hasil kesepakatan anggota. Ataupun kebijakan yang dicetuskan oleh Bupati.

Sementara dalam pengisian eksekutif di BPPD, sepenuhnya menjadi hak pengurus. Pemerintah daerah hanya membentuk unsur penentu kebijakan BPPD.

“Kalau mereka butuh, silahkan. Tapi kalau mereka langsung menjadi eksekutor, tidak ada masalah,” terangnya.

Nantinya, para pengurus BPPD Lotim akan mengelola dana sebesar Rp.500 juta. Namun, jumlah tersebut telah berkurang setelah digunakan oleh pengurus BPPD yang saat ini masih menjabat.

Dua kali pencairan dilakukan dalam dua tahap oleh pengurus BPPD. Yakni pada triwulan pertama dan kedua tahun anggaran 2021.

“BPPD baru akan menggunakan anggaran triwulan ketiga dan keempat. Berapa jumlahnya, saya tidak hapal,” pungkasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.