Berbagi Berita Merangkai Cerita

PENGERUKAN LABUHAN HAJI RAMPUNG

0 80

SELONG,DS-Pengerukan kolam labuh pelabuhan Labuhan Haji akhirnya rampung. Pelabuhan yang dihajatkan menjadi sumber penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lombok Timur diserahterimakan dari kontraktor pekerjaan pengerukan dermaga pelabuhan haji kepada Wakil Bupati Lombok Timur, H.Rumaksi SJ, Kamis (14/02).

Serah terima pekerjaan pengerukan yang dananya bersumber dari APBD Kabupaten Lombok Timur tahun 2018 ini dilakukan di atas tug Boat yang berlayar di Pelabuhan Labuhan Haji. Ini juga sekaligus mengecek kolam labuh yang saat ini kedalamannya 7 sampai 8 meter.

Wakil Bupati yang didampingi Wakil Ketua DPRD Lombok Timur, H. Daeng Paelori, mengungkapkan selama ini banyak piihak yang pesimis terhadap keberadaan pelabuhan yang tidak kunjung rampung pengerjaannya. Selesainya pengerukan kolam labuh Dermaga Labuhan Haji yang dapat dilihat langsung ini dapat menepis keraguan tersebut. Terlebih Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur telah berinvestasi besar dalam pembangunan Pelabuhan ini.

Setelah selesainya pengerukan ini kapal-kapal besar dengan kapasitas 2 ribu sampai 3 ribu DWT bisa berlabuh, sehingga diharapkan dapat menopang kegiatan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya Labuhan Haji saja tapi juga masyarakat Lombok Timur secara umum.

Mengembalikan kejayaan Labuhan Haji di masa lalu juga menjadi sebuah keniscayaan. Pengembangan pelabuhan Labuhan Haji akan terus dilakukan, termasuk melalui pengajuan bantuan dan kerjasama dengan Pemerintah Pusat, guna mengatasi kekurangan anggaran Pemerintah Daerah Lombok Timur.

Saat ini kolam labuh pelabuhan mencapai kedalaman 6 sampai 7 meter dan kapasitas kapal yang dapat berlabuh sekitar dua sampai 3 ribu DWT dengan kecepatan 100-120 Bit.

Dengan posisi kolam labuh yang dibendung dengan break water menjadikan perputaran arus air di dalamnya cukup kuat. Dengan demikian pendangkalan dan sedimentasi kemungkinan akan terjadi dalam waktu yang lama. Kendati demikian langkah maintenance atau perawatan harus tetap dilakukan setiap tahun. Bahkan menurut tim teknis pengelola, Pelabuhan Haji harus memberikan peringatan dan pengawasan agar masyarakat tidak berenang ataupun menyelam di dalam kolam labuh karena akan membahayakan karena arus air yang kencang tersebut.

Pembangunan Pelabuhan Labuhan Haji dinilai telah direncanakan dengan baik untuk langkah pengembangan. Bahkan pelabuhan tersebut dapat dikembangkan menjadi pelabuhan regional sebagai akses berlabuh kapal-kapal besar dengan petikemas.

Cek lokasi dilakukan di sekitar kolam labuh pelabuhan didampingi Kepala Bidang Pengairan dinas PUPR Lombok Timur, Sosiawan Putraji serta perwakilan dari Polres Lombok Timur, Kepala UPP Labuhan Haji dan sejumlah awak media.hm

Leave A Reply