Selasa , 19 Februari 2019
Home / Pendidikan / Wabup Tinjau Pelayanan Adinduk, Dukcapil Lombok Utara Sisir Pedesaan 
Kegiatan pelayanan adminduk di desa Gumantar Kayangan. Wakil bupati langsung turun meninjau

Wabup Tinjau Pelayanan Adinduk, Dukcapil Lombok Utara Sisir Pedesaan 

KLU, DS-Berbagai trobosan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Utara (KLU) dilakukan untuk melayani masyarakat yang ingin membuat identitas kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) maupun Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

“Kita turun langsung ke desa-desa sesuai dengan jadwal yang sudah di susun. Pelayanan dilakukan dengan turun langsung ke masyarakat,” ujar Sekretaris Dukcapil Lombok Utara, Tresnahadi, Kamis (31/1).

Dikatakannya, pelayanan turun langsung ke desa adalah salah satu terobosan yang saat ini tengah dilaksanakan Dukcapil. Namun, pelayanan jemput bola berbasis online kerap terkendala oleh kondisi jaringan di desa yang berada di wilayah blankspot. Meski dibekali modem khusus dari kementerian, tidak bisa dipastikan berfungsi pada saat melaksanakan pelayanan di desa yang tidak terjangkau jaringan internet.

“Kita dibekali modem internet khusus dari pusat. Tetapi ada memang wilayah di desa-desa yang tidak bisa tersentuh jaringan. Sehingga kita gunakan manual atau offline,”jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini sistem pelayanan turun langsung berjalan bagus. Modem yang diberikan oleh kementerian juga, katanya lagi, sangat membantu.

“Hari ini (kemarin red) kita melaksanakannya di Desa Gumantar Kecamatan Kayangan. Ada sekitar 150 warga bisa kita layani. Namun, kita gunakan sistem offline karena di wilayah itu tidak ada jaringannya,” paparnya. “Wakil bupati juga turun langsung memantau kegiatan yang kami lakukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Dukcapil KLU mengakui kegiatan itu akan dilanjutkan ke Kecamatan Gangga dan akan terus disasar ke desa-desa lain.

“Yang menarik adalah masyarakat yang mengurus identitas kependudukan langsung diterima tidak perlu menunggu karena setiap turun kita langsung dengan semua perangkat yang terhubung langsung ke pusat,” ucapnya. “Jadi kita cetak langsung di tempat dan bisa langsung jadi,”tandasnya.(man)

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Tolak Keppres 29/2018, Jurnalis Mataram Tandatangani Petisi Lawan Kebijakan Jokowi 

MATARAM, DS – Jurnalis, mahasiswa, dan aktivis anti-korupsi di Kota Mataram menandatangani petisi menuntut Presiden …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *