UJIAN NASIONAL, SIAPA TAKUT? – Duta Selaparang
Jumat , 24 Mei 2019
Home / Pendidikan / UJIAN NASIONAL, SIAPA TAKUT?

UJIAN NASIONAL, SIAPA TAKUT?

Tidak ada yang paling ditakutkan oleh siswa-siswi kecuali Ujian Nasional (UN). Mungkin ini bagi sebagian orang berlebihan bahkan lebay — kalau bahasa anak SMA sekarang. Tetapi pada faktanya UN adalah hal yang paling penting ketika berada di bangku sekolah.

 

Coba anda pikirkan UN bukan hanya melibatkan siswa dan siswi, melainkan guru, orang tua, kepala sekolah bahkan dinas-dinas terkait tidak kalah gemetarnya bagaikan menyambut musuh yang paling kuat. Fenomena seperti ini sebenarnya bisa kita atasi dengan beberapa cara. Pertama mulai dari guru. Guru seharusnya tidak menakut-nakuti siswanya dengan adanya UN. Di lapangan yang paling ampuh membuat anak-anak takut itu adalah UN dengan nilai tidak lulus. Kita harus mulai mengubah itu semua dengan menjelaskan, mendukung dan memotivasi siswa tanpa menakut-nakutinya dengan kalimat tidak lulus.

Karena siswa sendiri mempunyai sifat-sifat yang berbeda-beda. Jika ditakut-takuti dengan tidak lulus ada siswa yang makin rajin belajar, tetapi ada juga siswa yang menjadi sangat takut (pobia) sehingga setiap detik yang dipikirkan adalah tidak lulus saja yang berakibat pada kondisi tubuh, pikiran dan perhatiannya. Ada lagi siswa yang sibuk mencari jalan keluar untuk menemukan kunci jawaban dari soal-soal tersebut, yang berakibat pada tidak fokusnya belajar tetapi lebih focus mencari dan mencari dimana dan kapan mendapat kunci jawaban.

Solusinya mulai sekarang guru jangan menanamkan rasa takut berlebihan tetapi lebih menonjolkan keuntungan dan kelebihan jika mereka lulus UN. Guru harus mulai mencari cara agar mereka tertarik untuk lulus ujian tanpa adanya rasa takut untuk tidak lulus misalnya dengan menceritakan apa yang kita dapatkan dibangku kuliah jika lulus kemudian  nanti kita akan mendapatkan bermacam-macam hadiah misalnya. Pastinya seorang guru sudah tahu trik-trik tersebut.

Kemudian dari sikap seorang siswa, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk  lulus ujian tanpa harus mencari dan membeli kunci jawaban (cara haram) yaitu sebagai berikut:

 

  1. Pulang sekolah buka buku

Trik ini penulis sudah mencobanya dan Alhamdulillah berhasil, ketika sampai dirumah jangan sekali-kali mencari makan dulu, silahkan anda buka buku catatan yang tadi disekolah anda tulis atau kerjakancukup luangka waktu 5-10 menit untuk melihat-lihat saja bila perlu anda baca.

  1. Belajarlah sebelum subuh

Sebelum melakukan sholat subuh usahakan anda belajar dulu karena pengalaman penulis sebelum subuh dan setelah solat subuh apapun yang kit abaca dan pelajari tetap akan kita ingat hal ini tentu harus anda biasakan bangun sebelum subuh.

  1. Perbanyak diskusi

Diskusi sangat dibutuhkan untuk saling isi mengisi dengan teman yang lain, boleh berdiskusi dengan teman satu sekolah ataupun dengan lain sekolah secara tidak langsung ini akan merangsang sifat keingintahuan dan sifat pantang mundur.

  1. Perbanyak istirahat dan kurangi aktivitas luar

Dengan memperbanyak istirahat maka kondisi tubuh semakin stabil sehingga pikiran pun juga ikut menjadi baik dan stabil hal ini diperlukan untuk mempercepat pemahaman dalam menerima pelajaran dan dengan mengurangi aktivitas luar kita akan mengurangi resiko yang terjadi kepada kita baik itu berupa musibah, sakit ataupun yang lain dengan begitu ujian nasional nanti kita pasti bias hadir dan sehat.

  1. Pelajari kisi-kisi soal ujian

Banyak siswa yang tidak tahu tentang hal ini, kisi-kisi itu adalah dasar pembuatan soal sehigga fokuslah pada apa yang ada dikisi-kisi tersebut sering kita mendengar siswa mengatakan tidak ada yang keluar pada ujian yang mereka pelajari karena mereka tidak melihat kisi-kisi. Pemerintah membuat kisi-kisi soal supaya siswa mempelajari apa yang tertera pada kisi-kisi tersebut.

  1. Perbanyak berdo’a kepada Tuhan YME

Dengan memperbanyak do’a kita akan semakin tenang, ingat firman Alloh yang mengatakan berdoalah maka akan kukabulkan dengan demikian hati kita akan tetap tenang dan semakin baik bagi kita untuk menghadapi ujian dan jangan lupa mintalah do’a dari orang tua kita karena dengan do’a dari orang tua pasti akan terkabulkan dan bermanfaat bagi kita.

Itulah tips yang bisa dilakukan tanpa harus keluar biaya. Memang ada lembaga-lembaga Bimbingan Belajar yang disediakan oleh pihak-pihak yang lain, itu juga salah satu cara. Tetapi hal itu membutuhkan biaya. Tips yang diatas adalah tips yang bisa dilakukan tanpa harus keluar biaya, tinggal mau atau tidaknya dilakukan.

By : M. Zainul Muttaqin,S.Pd

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Diklatsar CPNS, Gubernur Ceritakan Harimau, Ular, Tikus, dan Lebah

MATARAM,DS-Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir. H. Rosiady Sayuti, M.Sc., …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: