Kamis , 17 Oktober 2019
Home / Pendidikan / Permudah Pelayanan Adminduk, Dukcapil Kabupaten Sumbawa Target Tuntas 90 Persen
FGD penyusunan model kelembagaan layanan penjangkauan di desa dan wilayah rentan serta terpencil di Kecamatan Plampang

Permudah Pelayanan Adminduk, Dukcapil Kabupaten Sumbawa Target Tuntas 90 Persen

SUMBAWA,DS-Pelayanan adminduk di Dukcapil Kabupaten Sumbawa dipermudah. Apalagi jika  Pokja desa setempat langsung membawa banyak berkas antara 50-100 lembar. “Biar tidak mengantri lama,” kata Kadis Dukcapil Sumbawa, Zulkifli,  pada Focus Group Discussion (FGD) penyusunan model kelembagaan layanan penjangkauan di desa dan wilayah rentan serta terpencil (marginal) di Kantor Camat Utam, Kamis (03/10).

Dalam FGD itu mengemuka tanya jawab.  Beberapa diantaranya menyangkut blangko KTP, suket yang gampang rusak terkena air, termasuk  permohonan akta yang lamanya sampai 10 hari.  Pokja Adminduk Desa Pukat menginginkan agar penyelesaian dokumen adminduk yang diajukan warga dipercepat. Mengemuka pula problem di Desa Pulau Kaung mengeluhkan penerbitan akta kelahiran dimana masyarakat masih susah diajak untuk berpartisipasi. Sedangkan Kepala Desa Motong mengharapkan desa yang menjadi binaan kompak dapat tuntas.

Zulkifli mengemukakan Pemdes maupun  kabupaten agar tidak berhenti mencari inovasi sehingga partisipasi masyarakat meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan di masyarakat Dinas Dukcapil sendiri mengadakan program yang diberi nama Jango Desa yang disingkat dengan Duanda (Dukcapil Jango Desa). Artinya Dinas Dukcapil melakukan kunjungan ke desa-desa, program Jango Desa lebih memprioritaskan daerah-daerah terpencil.

“Silakan saja dibuatkan jadwal untuk melakukan kunjungan ke daerah-daerah yang sulit di jangkau, karena program ini sangat efektif,” katanya.

Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semester I Tahun 2019 jumlah penduduk Kabupaten Sumbawa 514.893 jiwa yang terdiri dari laki-laki 257.562 jiwa dan perempuan 257.331jiwa. Jumlah anak berusia 0-18 tahun di Kecamatan Utan  11.406 jiwa dengan jumlah yang memiliki akta kelahiran  9.995 jiwa. Artinya masih ada yang belum memiliki akte kelahiran sejumlah 1.914 jiwa.

“Seluruh Penduduk tersebut wajib mendapatkan dokumen kependudukan. Sebab,  selain  merupakan  hak  konstitusi, juga agar penduduk mendapat akses terkait hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Zulkifli.

Menurutnya, pemerintah sudah member kemudahan kepada masyarakat. Sejak bulan Juli masyarakat sudah bisa mengajukan akte online, yaitu pengajuan dengan melengkapi persyaratan dari rumah yang di upload kemudian bisa diprint sendiri apabila ada kebutuhan mendesak. Dukcapil juga sudah menerapkan tanda tangan online untuk melayani masyarakat apabila kepala dinas berada di luar daerah

Salah satu strategi untuk mencapai target, Dinas Dukcapil Kabupaten Sumbawa bersama-sama pihak kecamatan membentuk Tim Percepatan Pencapaian Target Nasional Kepemilikan Akta Kelahiran 0-18 tahun. Adapun tugas Tim Percepatan masing-masing :

Melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa/keluarahan dalam rangka mempercepat proses penyelesaian penguurusan akta kelahiran.

Menyelenggarakan kegiatan bagi anak usia sekolah yang belum memiliki akta kelahiran di masing-masing sekolah atau wilayah.

Melakukan koordinasi dengan UPT Diknas dan UPT Puskesmas dalam rangka mempercepat proses  kepemilikan akta kelahiran anak usia sekolah 0-18 tahun dan anak yang baru lahir di puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.

Menerima dan memverifikasi berkas permohonan akta kelahiran.

Menghimpun dan mendata kutipan akta kelahiran dan menyerahkan kepada pemohon.

Mencatat dan merekapitulasi data kepemilikan akta kelahiran sesuai wilayah masing-masing.

Mengupayakan tercapainya target nasional kepemilikan akta kelahiran 0-18 tahun sebesar  90 % di masing-masing wilayah kerja. ian

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Joki Cilik Tewas di Pacuan Kuda, LPA NTB Sebut Ada Dugaan Eksploitasi Anak

MATARAM, DS – Muhammad Sabila Putra (10) meninggal dunia akibat terjatuh dari kuda saat pacuan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: