Senin , 17 Juni 2019
Home / Pendidikan / Mensos Tinjau Pengungsi Korban Gempa di Lotim
Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Gubernur Zulkieflimansyah saat meninjau wilayah terparah akibat dampak gempa di Lotim, yakni di desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading

Mensos Tinjau Pengungsi Korban Gempa di Lotim

LOTIM, DS – Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita  meninjau lokasi terparah akibat dampak gempa bumi beruntun pada Minggu (17/3) sore di wilayah Kabupaten Lombok Timur. Yakni, di Kecamatan Montong Gading dan Pringgejurang pada Senin (18/3).

Kedatangan Mensos beserta rombongan didampingi langsung Gubernur Zulkieflimansyah. Agus menyempatkan menyapa masyarakat terdampak gempa sambil mendatangi tenda-tenda korban bencana gempa tersebut.

Mensos  menyatakan komitmennya untuk terus memastikan masyarakat NTB korban bencana gempa tidak kekurangan logistik apapun. “Kami dari pemerintah pusat takkan meninggalkan saudara semua. Yang pasti saya datang ini adalah bagian menyerap apa yang menjadi penderitaan dan harapan saudara seluruhnya,”  ujar Agus menyapa warga terdampak gempa di Montong Gading.

Pemerintah pusat memberikan bantuan tahap pertama senilai 740 juta dalam bentuk barang kebutuhan seperti makanan siap saji, selimut, kasur, terpal dan lainnya.

Sementara itu, Gubernur Zulkieflimansyah mengapresiasi besarnya perhatian yang diberikan pemerintah pusat terhadap kondisi masyarakat di NTB, khususnya korban terdampak gempa bumi di Lombok Timur.

“Atas nama, pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Menteri atas responnya yang begitu cepat dalam memberikan perhatian kepada masyarakat NTB,” kata Zul.

Terpisah, Camat Montong Gading H. Suwardi menambahkan, jika warga terdampak gempa sangat membutuhan adanya bantuan kebutuhan pokok. “Yang mendesak dan diperlukan masyarakat adalah bantuan yang bisa cepat dinikmati. Utamanya, makanan dan kebutuhan pokok lainnya,” ungkapnya.

 

*Tetap Tenang

Sebelumnya, pada Minggu (17/3) malam sekitar pukul 18.30 Wita. Gubernur NTB ditemani Kepala Dinas Sosial Provinsi  Ahsanul Khalik, PLt Karo Humas dan Protokol Najamuddin itu langsung menemui warga di desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur.

Gubernur yang membawa sejumlah bantuan tanggap darurat bencana, memastikan bahwa masyarakat dalam keadaan aman meski masyarakat masih diliputi sedikit kekhawatiran.

Gubernur dan rombongan disambut puluhan masyarakat yang rumahnya terkena dampak gempa. Kemudian Gubernur menanyakan kebutuhan mendesak yang diperlukan masyarakat saat itu. Mereka menyampaikan yang paling mendesak adalah makanan dan tenda.

Berdasarkan pantauan gubernur, jumlah rumah yang rusak akibat gempa tersebut, tediri dari rusak berat 26 rumah, dan rusak sedang dan ringan sekitar 449 rumah. Sedangkan masyarakat yang mengalami luka luka akibat gempa itu sekitar 5 orang dan sudah ditangani di puskesmas terdekat.

Berdasarkan laporan masyarakat setempat, rumah yang rusak berat itu merupakan rumah yang rusak ringan akibat musibah gempa tahun lalu. Namun, goncangan gempa hari ini menyebabkan rumah-rumah tersebut roboh. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa,” ungkap gubernur.

Zul menjelaskan, seluruh kebutuhan masyarakat tersalurkan malam ini hingga seterusnya . Bahkan, sebagian masyarakat di desa itu sudah mendapat bantuan tenda dan makanan.

Untuk bantuan lain seperti bantuan dana, gubernur menyampaikan masih perlu pendataan. Tapi yang penting, ujarnya, bantuan itu betul-betul tersalurkan tepat sasaran.  “Kita mengimbau agar masyarakat tetap tenang,” tandas Gubernur. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

120 Aktifis Mahasiswa Lolos Seleksi ke Malaysia, 16 Mahasiswa ke Tiongkok

MATARAM, DS – Sebanyak 120 orang aktifis dari berbagai organisasi kemahasiswaan dan lingkungan serta NGO …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: