Senin , 18 November 2019
Home / Pendidikan / HUT TNI ke-47, Danrem Bacakan Arahan Panglima TNI
Para Babinsa tengah memeragakan penanganan bencana gempa bumi pada HUT TNI ke-74 di NTB

HUT TNI ke-47, Danrem Bacakan Arahan Panglima TNI

MATARAM, DS – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 TNI di NTB kali ini, di pusatkan di halaman Kantor Gubernur NTB Jalan Pejanggik, Kota Mataram, Sabtu (5/10).
Danrem Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan HUT TNI yang berlangsung sederhana, khidmat dan meriah diikuti seluruh personel TNI di provinsi NTB  baik darat , laut dan udara, personel Polri, serta ASN jajaran TNI

Dalam amanatnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengatakan TNI sebagai alat negara memiliki tugas yang tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks dengan menciptakan dimensi dan metode peperangan baru.

Oleh karena itu, menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI.

“Dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 – 2019 yakni pembentukan Divisi Infanteri-3/ Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir pada tanggal 11 Mei 2018, pembentukan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna pada tanggal 18 Desember 2018 sebagai pangkalan aju bagi unsur-unsur TNI yang beroperasi di wilayah utara Indonesia, pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI pada tanggal 30 Juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah NKRI,” jelas Panglima.

Selain itu, TNI juga membentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III pada tanggal 27 September 2019 untuk 8 menyelenggarakan kampanye militer, operasi gabungan dan operasi lainnya dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI.

Menurut Danrem, soliditas TNI seyogyanya, perlu dipegang teguh nilai-nilai Keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar  selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Selanjutnya, tingkat kewaspadaan dan profesionalitas, serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang kian kompleks.

Dengan begitu, berbagai kemajuan dengan bijak perlu disikapi. “Jadilah agen perubahan yang positif, dan jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini,” tandas Panglima.

Usai menggelar upacara peringatan HUT TNI, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah oleh para stake holder NTB kepada para pemenang lomba media dalam pemberitaan tentang TNI di wilayah Provinsi NTB baik online, cetak maupun elektronik; lomba terbaik aplikator/Pokmas/fasilitator/, lomba OPD yang bekerjasama dengan TNI, lomba desa/lurah/kecamatan dan Kabupaten/Kota terbaik, lomba Babinsa/Koramil/Kodim dan lomba Babinkamtibmas/Polsek dan Polres terbaik.

Acara dilanjutkan dengan drama kolosal dengan menampilkan para Babinsa dalam proses penanganan bencana alam gempa bumi mulai mitigasi, penanganan tanggap darurat, tahap pemulihan hingga proses rehab rekons pasca bencana. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Menghidupkan Toleransi di Kalangan Milenial

MATARAM,DS-Pentingnya menghidupkan toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus diterapkan oleh generasi milenial saat ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: