Senin , 18 November 2019
Home / Pendidikan / Desa Midang Bentuk Pokja Adminduk
Pertemuan pembentukan Pokja Adminduk Desa Midang

Desa Midang Bentuk Pokja Adminduk

LOBAR,DS-Desa Midang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, berinisiatif membentuk Pokja Adminduk. Pembentukan Pokja ini diharapkan mempercepat pengurusan identitas hukum warga khususnya warga Desa Midang.

Hadir dalam pembentukan Pokja Adminduk, Kamis (29/8), masing-masing Ketua LPA NTB H.Sahan SH, Kabid Capil Dinas Dukcapil Lobar Nyoman Sudiana, Kepala Desa Midang Samsudin, beserta Ketua BPD setempat, bidan desa dan tokoh masyarakat.

Kades Midang dalam kesempatan itu mengemukakan bahwa ketiadaan Adminduk membuat banyaknya masalah. Artinya, jika identitas hukum warga tidak beres maka muncul masalah lain. Karena itu pihaknya mendukung terbentuknya Pokja guna mempecepat kepemilikan identitas hukum agar pihaknya bisa beralih menangani persoalan yang lebih besar.
“Ini harus menjadi perhatian dan perlu berproses. Kalau sedikit demi sedikit insyaallah masalah adminduk bisa tuntas,” kata Samsudin.

Ketua LPA NTB, H Sahan SH, mengemukakan dokumen adminduk sudah menjadi kebutuhan yang jika tidak tercapai membuat pembangunan tidak berjalan. Ia menuturkan berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah seperti lewat program Jaring Pekat di KLU melalui tiga jalur pendidikan, kesehatan dan masyarakat. Selain itu ada dampingan LPA Kompak untuk mempercepat kepemilikan sehingga ada desa yang kepemilikan dokumen adminduknya bisa tembus 90 an persen.

“Adminduk adalah kebutuhan masyarakat untuk kepentingan masyarakat. Lewat Pokja akan mulai didata lagi warga yang tak miliki dokumen adminduk,” katanya. “Pokja bisa membangun kebijakan untuk mempermudah semuanya. Sebagus-bagusnya program jika adminduk belum akan sulit. Sebaliknya jika warga sudah terpenuhi Admindukmya maka pembangunan berjalan lancar.”

Kabid Capil Disdukcapil Lobar, Nyoman Sudiana yang didampingi Kasi Kelahiran Abdurrahim mengemukakan Pokja Adminduk baru ada di 9 desa dari 119 desa di Lobar. Harapannya, dengan adanya Pokja Adminduk, Desa Midang bisa melakukan pemenuhan identitas hokum warganya melebihi target yang diharapkan.

Sementara ini pihaknya tengah membuat Perbup Percepatan Adminduk lewat jalur pendidikan. kesehatan dan desa. Dengan adanya Perbup itu desa bisa menganggarkan dan adminduk tak jadi beban bagi masyarakat. “Ada payung hukum untuk dasar Pokja. Ada posyandu, Kadus, bidan desa yang punya peran sendiri. Peran peran ini muaranya akan ke Pokja,” katanya.

Peran Pokja setelah mendata adalah membawanya ke desa dan diverifikasi. Dengan pengantar dari desa kemudian akan dialirkan ke Dukcapil. “Jadi ini sebuah alur,” cetus Nyoman seraya menuturkan dari Desa Lingsar sudah melakukan pola itu dan sudah diproses. “Mudahan dengan Pokja proses yang selama ini terkendala bisa teratasi dan berjalan lancar sehingga memudahkan masyarakat,” katanya.

Ia menegaskan sangat mendukung upaya tersebut. Kedepan, kata dia, lobar akan memiliki UPT Admindukdi kecamatan. Senggigi, Gunung Sari dan Batulayar akan jadi satu. “Jadi nanti mengurus adminduk cukup di UPT. Bahkan jika ada Pokja tinggal urus di desa lewat Pokja. Kalau ini sudah selesai semuanya akan mudah,” kata Nyoman.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Menghidupkan Toleransi di Kalangan Milenial

MATARAM,DS-Pentingnya menghidupkan toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus diterapkan oleh generasi milenial saat ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: