A place where you need to follow for what happening in world cup

Pemkot Mataram Tutup Tiga Puskesmas, Gara-gara 8 Nakes Terpapar Covid 19

108

FOTO. Inilah Puskesmas Cakranegara di Kota Mataram yang ditutup Pemkot, lantaran nakes terpapar Covid-19. rul

MATARAM, DS – Dinas Kesehatan Kota Mataram, akhirnya menutup sementara pelayanan kesehatan di tiga puskesmas di wilayah setempat.

Penutupan sementara tiga puskesmas itu dimulai pada tanggal 30 Juni sampai tanggal 2 Juli 2021, masing-masing Puskesmas Tanjung Karang, Babakan, dan Puskesmas Cakranegara.

Pasalnya, terdapat delapan orang tenaga kesehatan (nakes) terkonfirmasi positif Covid-19.

“Iya, kami tadi, sudah menutup Puskesmas Tanjung Karang terkonfirmasi dua nakes, sedangkan Babakan dan Puskesmas Cakranegara masing-masing terkonfirmasi tiga nakes positif Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram dr H Usman Hadi, Jumat (2/7).

Usman mengatakan, penutupan tiga puskesmas secara bersamaan tersebut karena ternyata setelah dilakukan pelacakan, nakes di Puskesmas Babakan memiliki suami yang juga nakes di Puskesmas Tanjung Karang.

“Jadi dari hasil penelusuran kontak kita simpulkan sementara penularan Covid-19 terhadap pada nakes tersebut terjadi di lingkungan keluarga, melalui kegiatan makan bersama,” jelas dia.

Usman mengatakan penutupan sementara tiga puskesmas tersebut dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Selain itu, dilakukan penelusuran kontak dan pemeriksaan tes usap antigen Covid-19 terhadap para nakes dan petugas puskesmas lainnya dan hasilnya semua negatif.

Lanjut Usman, untuk pelayanan pada tiga puskesmas yang ditutup tersebut dialihkan ke puskesmas terdekat seperti Puskesmas Karang Taliwang.

“Kita akui, penyebaran Covid-19 terhadap nakes di tiga puskesmas salah satunya dipicu karena penerapan protokol kesehatan (prokes) kurang bagus. Ini tentu menjadi atensi kita,” tandas Usman Hadi. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas