Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pemkab Telah Usulkan Perbaikan Seluruh Jalan di Lombok Timur

27

Rozikin, Kabid Binamarga

SELONG, DS – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah mengusulkan seluruh jalan kabupaten yang dalam kondisi memperihatinkan. Terlebih, pembangunan bidang infrastruktur masih menjadi salah satu fokus utama kerja Pemkab setempat di bawah kepemimpinan Sukiman-Rumaksi.

“Semua jalan kabupaten sudah kami usulkan ke pusat. Baik itu rehab, pelebaran, dan pembangunan yang belum disentuh sama sekali,” tutur Kabid Binamarga, Rozikin saat dijumpai awak media, Selasa (22/09/2020).

Dikatakannya, setidaknya diperlukan anggaran sebesar Rp. 1,4 triliun untuk menuntaskan infrastruktur jalan yang berstatus jalan kabupaten. Sementara gelontoran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat ke Lombok Timur, tak pernah mencapai angka Rp. 100 miliar.

Apalagi akibat pandemi Covid-19, PUPR menjadi OPD yang mengalami pemangkasan anggaran paling besar. Sehingga pemerintah pun telah mengajukan pinjaman sebesar Rp. 105 miliar kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), yang merupakan BUMN yang khusus bergerak pada pembiayaan infrastruktur. Hal ini guna mempercepat penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan yang sangat dibutuhkan keberadaannya oleh masyarakat.

“Kan kita butuh dana Rp. 1,4 triliun untuk menyelesaikan jalan Kabupaten saja. Sedangkan kita dapat DAK dari pusat tidak sampai Rp. 100 miliar,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyebut, pemkab telah memenuhi seluruh persyaratan yang diminta oleh pusat dalam pengajuan anggaran perbaikan jalan dengan sumber DAK. Karena jika persyatan yang dibutuhkan tidak lenkap, maka pengajuannya akan tertolak.

Termasuk mengusulkan jalan-jalan yang ada di lokasi pariwisata. “Sudah kami usulkan juga jalan-jalan yang menuju ke pantai-pantai daerah wisata. Semuanya kami usulkan,” tegasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.