Pemkab Lotim Tutup Retail Modern di Sembalun

Penutupan salah satu retail modern di Sembalun yang tak kantongi izin.pkp

Selong,DS-Menegakkan Peraturan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur no.3 tahun 2019 tentang pengelolaan dan pemberdayaan pasar rakyat serta penataan pusat perbelanjaan dan swalayan, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menutup sementara kegiatan usaha salah satu retail modern yang ada di Desa Sembalun, kecamatan Sembalun.

Penutupan yang dilakukan Kamis (31/8), disebabkan usaha tersebut tidak mengantongi izin usaha sesuai dipersayaratkan peraturan perundang-undangan. Hadir dalam peutupan retail modern itu Dinas Perdagangan, Dinas PUPR, Dinas PMPTS, Dinas Lingkungan Hidup, bagian Hukum, serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Sebelumnya, usaha retail modern tersebut telah mendapat peringatan untuk menutup usahanya secara sukarela melalui Satpol PP akan tetapi hal tersebut tidak diindahkan sehingga akhirnya dilakukan penutupan paksa.

Perda no. 3 tahun 2019 salah satunya dimaksudkan untuk memberikan arah, landasan dan kepastian hukum antar pelaku usaha perdagangan melalui pengaturan dan penataan terhadap pasar rakyat, pusat perbelanjaan, dan toko swalayan agar mampu bersaing secara sehat, bersinergi, saling memperkuat, dan saling menguntungkan.

Perda tersebut juga sebagai upaya meminimalisasi timbulnya persaingan yang saling mematikan antara pelaku usaha, terutama bagi keberlangsungan pasar rakyat, usaha kecil, dan mikro, menjamin terselenggaranya kemitraan antara pelaku usaha pasar rakyat dengan pelaku usaha pusat perbelanjaan dan toko swalayan berdasarkan prinsip kesamaan dan keadilan dalam menjalankan usaha di bidang perdagangan, serta mewujudkan sinergi usaha yang saling memperkuat antara para pelau usaha sebagai upaya terwujudnya tata niaga dan pola distribusi daerah yang berkeadilan, efektif, dan berkelanjutan.hmlt

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.