Berbagi Berita Merangkai Cerita

Pemkab Lotim Genjot Kinerja BUMD

0 59

SELONG,DS-Pemerintah Daerah Lombok Timur terus berupaya mencari terobosan-terobosan guna dapat menjalankan pembangunan yang bertujuan menyejahterakan masyarakat. Di tengah kondisi keterbatasan anggaran yang dimiliki daerah, Kabupaten Lombok Timur tetap survive dalam melaksanakan sejumlah mega proyek dengan anggaran besar seperti pembangunan kantor bupati dan juga kantor DPRD, begitu juga dengan pembangunan infrastruktur lainnya.

 

Hal ini tak lepas dari terobosan-terobosan besar tersebut. Selain melakukan efisiensi anggaran, Pemerintah Daerah juga telah berusah menggenjot kinerja seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada.

 

Pada saat mengambil sumpah jabatan direksi PT. Energi Selaparang yang merupakan salah satu BUMD milik Pemda Lombok Timur di Suryawangi pada Kamis (13/7), Wakil Bupati Lombok Timur, H. Haerul Warisin mengatakan bahwa peranan beberapa BUMD yang dimiliki telah mampu memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan daerah.

 

Dikatakannya, pemerintah saat ini terus berupaya memaksimalkan peranan BUMD yang ada. Seperti, Selaparang Financial, PD. Agro Selaparang, PT. Energi Selaparang dan juga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Semua perusahaan daerah tersebut telah mampu memberikan sumbangan berarti sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD).

 

Untuk tahun ini, dari Selaparang Financial saja, jumlah PAD yang diserahkan ke Pemerintah Daerah sebesar Rp 5 milyar, di samping pendapatan untuk pos-pos lainnya. Ditambah lagi dengan BUMD lainnya yang telah mampu menambah anggaran pembangunan daerah yang tentunya kembali untuk kepentingan masyarakat Lombok Timur.

 

Dan sebagai upaya untuk memaksimalkan peranan BUMD tersebut, Pemerintah Daerah saat ini sedang mengupayakan agar PD. Agro Selaparang dapat ditingkatkan grid perusahaannya menjadi Perseroan Terbatas (PT). Sebab, dalam perjalanannya, grid sebagai perusahaan dagang telah menjadi kendala dalam menjalin kerjasama dengan pihak-pihak lain yang sejatinya sangat bisa dilakukan. Namun, karena masih berupa perusahaan dagang, beberapa pihak terkait masih meragukan kemampuan PD. Agro Selaparang dalam menjalankan kerjasama ekonomi.

 

Upaya untuk meningkatkan grid PD. Agro Selaparang menjadi perseroan terbatas telah diproses dengan meminta analisa hukum dari bagian hukum sekretariat daerah, dengan harapan, upaya tersebut segera terealisasi. Sebab, perubahan grid tersebut sangat dibutuhkan untuk kemajuan perusahaan milik daerah tersebut.

 

“Banyak kerjasama yang harus digagalkan karena grid PD. Agro Selaparang yang tidak sesuai dengan harapan pihak lain. Meskipun sesungguhnya, BUMD Lombok Timur ini mampu secara tenaga maupun financial untuk menggerakkan usaha yang besar. Sebab, Bupati sendiri telah berkomitmen untuk membuka ruang yang selebar-lebarnya bagi perusahaan ini untuk berkembang dan menjalankan usaha yang lebih besar. Tentunya, disertai bantuan anggaran”, ungkap Wabup di Suryawangi. Krisma ag

Leave A Reply