Pemkab Lotim Boyong Anugerah KIP, Sepit Peringkat I DGIP

Anugerah Keterbukaan Informasi

Selong,DS – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur kembali menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023. Mewakili Pj. bupati Asisten I Setda Lotim H. Hadi Fathurrahman secara langsung menerima penghargaan tersebut yang di serahkan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Politik, Hukum dan Pelayanan Publik Provinsi NTB H. Yusron Hadi dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dan Desa Gemilang Informasi Publik Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2023 yang berlangsung di Ballroom Hotel Lombok Raya, pada Kamis (14/12).

Kabupaten Lombok Timur berada di posisi 3 besar dari 10 Kab/Kota se- Provinsi NTB kategori Kabupaten Informatif dengan perolehan nilai 97.76. Sementara itu Desa Sepit Kecamatan Keruak berhasil meraih peringkat I pada kategori Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) dengan nilai 99.46.

Selain Desa Sepit, 2 desa lainnya di Lombok Timur juga turut meraih anugrah di kategori DGIP yakni, Desa Rumbuk Timur Kecamatan Sakra pada Posisi 10 Besar dengan nilai 90.09, dan Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya posisi 8 besar dengan nilai 93.04.

Dalam sambutannya Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Politik, Hukum dan Pelayanan Publik Provinsi NTB Yusron Hadi, menyampaikan bahwa secara konstitusi menjamin setiap orang untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhannya, karna setiap pelayanan publik yang dibiayai negara berkewajiban untuk membuka diri kepada masyarakat.

Ia menilai keterbukaan informasi adalah salah satu pilar demokrasi yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi.

Selain itu, ia juga memaparkan posisi NTB dalam Informasi Publik Nasional berada pada posisi 4 besar. Ia berharap pada tahun yang akan datang kebutuhan penyusunan indeks keterbukaan publik terus meningkat. Namun ia menyadari untuk mencapai hal tersebut harus dilakukan bersama-sama, untuk itu ia berpesan kepada seluruh pelayan publik agar memperbaiki kekurangan dan meningkatkan akses serta memberikan kualitas konten yang menarik dan bermutu bagi masyarakat.
hmlt

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.