BSK Samawa

Pemkab Lombok Timur Kolaborasi dengan LPA NTB akan Gelar “Kick Off” Program Berani 2

Selong, DS-Pemerintah Daerah Lombok Timur menggelar rapat persiapan “kick off” program Berani 2 dan “Gawe Gubuq” yang diinisiasi oleh LPA NTB berkerjasama dengan Unicef.

Pada pertemuan di ruang rapat Lantai 3 Gedung Bappeda Kabupaten Lombok Timur, Selasa (7 /5/2024), mengemuka kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Desa Lendang Nangka Utara, Selasa (14/5/2024).

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Asisten 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Timur, Hj. Shofiyati Jamila, hadir juga Ketua LPA NTB H. Sahan SH., kepala dinas DP3AK, kepala Dinas Sosial, Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Kesehatan, PKK Kabupaten Lombok Timur, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sekretaris Desa Lendang Nangka Utara, Camat Masbagik, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lombok Timur, Kepala UPTD PPA serta Pengadilan Agama Kabupaten Lombok Timur.

Hj. Shofiyati Jamila dalam sambutannya menyampaikan arahan PJ Bupati Lombok Timur agar OPD layanan dapat membantu kegiatan Gawe Gubuk dengan maksimal.

“Mari kita berkerja sebaik-baiknya, OPD layanan bisa saling berintegrasi dalam memberikan layanan di desa nanti, katanya kepada seluruh OPD yang hadir, ” katanya.

Kegiatan Gawe Gubuq bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara turun langsung ke desa-desa dengan melibatkan unsur institusi pemberi pelayanan publik.

Ditengah keterbatasan anggaran sejumlah OPD, muncul kesepakatan untuk mendukung kegiatan Gawe Gubuk.

Dinas Dukcapil Lotim akan melakukan pemenuhan administrasi kependudukan serta identitas hukum masyarakat di desa, Dinas sosial akan melakukan update DTKS serta memastikan penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Kepala DP3AKB akan menyerahkan sertifikat elsimil (sistem elektronik siap nikah, siap hamil” kepada 3 pengantin. Pemberian elsimil ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa sertifikat elsimil ini akan memudahkan pasangan yang akan menikah dalam proses pengurusan buku nikah di KUA maupun administrasi kependudukan di Dukcapil.

Sementara itu Dinas Kesehatan akan melakukan program screaning kesehatan remaja, BAZNAS akan memberikan bantuan kepada para mustahiq sedangkan Kementerian Agama Lotim akan menyiapkan kuota itsbat nikah grtais.yedo

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.