Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Pemerintah / TNI Siap Tambah Pasukan ke NTB Bantu Percepat Rehab dan Rekon pascagempa
Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) bersama Gubernur NTB dan Walikota Mataram saaat meninjau progres rehab dan rekon berupa pembangunan RTG di di wilayah Gontoran

TNI Siap Tambah Pasukan ke NTB Bantu Percepat Rehab dan Rekon pascagempa

LOTIM, DS – Jajaran TNI Angkatan Darat (KSAD) AD berkomitmen, siap membantu pemprov NTB menuntaskan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi yang kini masih berjalan di wilayah terdampak gempa di wilayah Pulau Lombok dan Sumbawa.

“Insya Allah, kita akan terus berusaha membantu pemda kabupaten/kota di NTB menangani rehab dan rekon,” ujar Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa menjawab wartawan usai menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 105 tahun 2019 Kodim 1615/Lotim di Lapangan Keruak, kecamatan Keruak, Lombok Timur, Rabu (7/8).

Mantan Pangkostrad itu mengaku, telah meninjau langsung progress rehab rekon rumah tahan gempa (RTG) di wilayah Gontoran, kelurahan Bertais, kecamatan Sandubaya, Mataram pada Selasa (6/8) sore, lalu. Menurut Andika, sejatinya pihaknya telah menerjunkan sekitar seribu prajurit TNI AD untuk membantu proses rehab rekon pascagempa. Namun apabila dibutuhkan lagi, maka siap untuk diterjunkan.

“Kalau seribu dari pusat yang kami kirim kurang, kami pun siap pak kalau memang diperlukan untuk mempercepat karena sejauh ini sudah seperempat,” kata dia.

“Kalau memang para bupati dan walikota di NTB termasuk pak Gub memandang perlu untuk penambahan tenaga, kami siap dan masih bisa kita kirim para personil TNI,” sambung Andika.

TNI AD dalam upaya membantu pemerintah daerah untuk proses rehab rekon pasca gempa bumi secara umum dianggap dan kelihatan sudah maksimal. Apalagi, kinerja pihak TNI AD dari Satuan Zeni dalam membantu proses rekon di NTB juga dipengaruhi ketersediaan bahan kemudian target.

Sementara itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengucapkan terimakasih kepada TNI dan khususnya TNI AD yang selama ini fokus memberikan bantuan kepada masyarakat NTB.

“Anggota TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat pada saat bencana alam gempa mulai dari tanggap darurat, tahap rehab rekon hingga sekarang proses rehab rekon terpadu yang melibatkan ribuan pasukan Zeni TNI,” tandas Zul.

Sebelumnya, Kepala Staf Korem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori memberikan paparan tentang progress rehab rekon terpadu yang dikerjakan seribu Personel TNI dari pasukan Zeni maupun aplikator dari TNI Polri tersebat di tujuh kabupaten kota se-NTB. RUL.

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

PUNCAK HUT RI KE-74 DI LOMBOK TIMUR, BERLANGSUNG KHIDMAT

SELONG, DS-Setelah renungan suci dan upacara bendera yang dipusatkan di tiga lokasi, puncak peringatan HUT …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: