Selasa , 16 Juli 2019
Home / Pemerintah / TGB : Banjir NTB Akibat Maraknya Ilegal Logging
Gubernur NTB saat meninjau warga korban banjir bandang di Sambelia, Lombok Timur

TGB : Banjir NTB Akibat Maraknya Ilegal Logging

MATARAM, DS – Banyaknya musibah banjir yang kini melanda wilayah NTB membuat Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi angkat bicara. Menurutnya, selain intensitas hujan tinggi, banjir juga dpicu maraknya aktivitas penebangan pohon di hutan secara liar yang kini masive di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Barat.

“Yang jelas, bencana banjir bandang ada kontribusi kita (manusia), disinyalir ada penebangan liar di daerah hulu, itu yang perlu kita tangani,” tegas Gubernur menjawab wartawan, Rabu (15/2).

TGB menegaskan, pemberantasan illegal logging perlu ditingkatkan lagi mengingat banyaknya bencana banjir di NTB saat ini. Pihaknya, sudah berupaya keras melakukan pemberantasan illegal logging. Namun, hal ini tampaknya belum juga cukup. Oleh karenanya, perlu diperkuat lagi kerja sama dengan aparat terkait yakni, TNI dan Polri.

“Saya mengimbau masyarakat terdampak banjir agar tak cepat melupakan musibah bencana banjir dengan kembali melakukan pembalakan liar pascabanjir. Sekali lagi, ini peringatan tidak boleh cepat melupakan bencana,” ujar Zainul Majdi.

Gubernur lantas mengajak masyarakat wilayah di Lombok Utara, Lombok Barat, sebagai Lombok Tengah, Sumbawa Barat, dan Bima yang memiliki area resapan air untuk lebih berkomitmen menjaga sumber daya kehutanan supaya bisa berfungsi maksimal sebagai penyimpan air dan tangkapan air.

Selain itu, kata dia, penanganan bencana banjir, akan diprioritaskan di wilayah Lombok Timur. Yakni,  perbaikan infrastuktur seperti jembatan dan jalan. “Jembatan dan jalan itu yang terdampak kan, ini harus segera diberesi. Kan kalau rumah yang saya dengar dari laporan terakhir itu minim, karena memang kebetulan ini kan di aliran sungai yah,” tandas Zainul Majdi. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Bupati Lombok Utara Hadiri Upacara Parade dan Syukuran HUT Bhayangkara ke-73

Tanjung, DS – Kepolisian Resort Lombok Utara mengadakan Upacara Parade dan Syukuran HUT Bhayangkara ke-73, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: