Senin , 19 Agustus 2019
Home / Pemerintah / Pemerintah akan Siapkan Rumah Penampungan bagi Orang Terlantar
H. Mulyanto Tejo Kusumo

Pemerintah akan Siapkan Rumah Penampungan bagi Orang Terlantar

H. Mulyanto Tejo Kusumo

SELONG,DS-Berkaca pada kasus yang menimpa IR (90 tahun) yang beberapa waktu lalu sempat dirawat warga di Desa Suralaga karena tidak mengetahui keberadaan keluarganya yang telah lama ditinggalkan ke Sumbawa. Pentolan lembaga Maju Perempuan Indonesia Untuk Penanggulangan Perempuan (MAMPU), Triati mendorong Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur untuk dapat membuatkan rumah penampungan sementara bagi warga yang terlantar.

Rumah penampungan yang dimaksud ini, nantinya difungsikan sebagai rumah transit bagi warga terlantar selama menunggu proses penanganan lanjutan dari panti-panti sosial yang dibentuk di tingkat provinsi. Hal ini dipersiapkan untuk tidak mengulangi kejadian seperti yang menimpa IR yang harus dirawat warga yang tidak ada hubungan kekeluargaannya.

Dikatakan Triati, kejadian yang menimpa IR yang harus dirawat warga karena tidak memiliki atau tidak mengetahui keberadaan keluarganya, tidak perlu terjadi, jika pemerintah daerah telah menyiapkan rumah penampungan sementara bagi orang terlantar. Sebab dikhawatirkan, orang-orang terlantar itu nantinya tidak akan mendapatkan pelayanan yang baik dari keluarga yang merawatnya untuk sementara itu.

“Mungkin dalam rentan waktu yang cukup singkat, warga yang menampung akan bisa melayani yang bersangkutan dengan baik dan penuh keikhlasan. Namun tidak bisa dipastikan, layanan yang baik itu akan terus bisa diberikan dalam waktu yang cukup lama. Terlebih, kalau kondisi orang yang dirawat, seperti IR yang sudah berusia uzur dengan segala kekurangannya. Makanya, kita berharap Pemerintah Daerah Lombok Timur dapat menyediakan tempat penampungan sementara bagi orang terlantar,” ungkap Triati di Selong.

Harapan aktifis MAMPU ini disampaikan langsung kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur, Mulyanto yang tanpa fikir panjang, langsung merespons positif usulan yang disampaikan.

Atas masukan dari MAMPU, mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Penanaman Modal Kabupaten Lombok Timur ini akan mengusulkan kepada Bupati agar bisa diberikan bekas rumah dinas Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk dijadikan sebagai rumah penampungan orang terlantar.

“Kondisi rumah itu, sangat baik. Sebab, diperuntukkan untuk Kepala Dishutbun. Saya rasa tempat itu cukup representatif untuk dijadikan sebagai rumah penampungan sementara orang terlantar”, ungkap Mulyanto. Krisma

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI DI NTB BERLANGSUNG KHIDMAT

MATARAM,DS-Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia Tingkat Provinsi NTB berlangsung lancar dan penuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: