Selasa , 15 Oktober 2019
Home / Pemerintah / PELATIHAN DASAR DAN PRAJABATAN MERUPAKAN SYARAT MUTLAK MENJADI ASN
Pelatihan Dasar dan Prajabatan Pola Kemitraan dengan BPSDMD Pemerintah Provinsi NTB

PELATIHAN DASAR DAN PRAJABATAN MERUPAKAN SYARAT MUTLAK MENJADI ASN

SELONG, DS-Sebanyak 191 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dari formasi umum sejumlah 142 orang dan eks Tenaga Honorer K2 sebanyak 49 orang yang lulus tahun 2018, mengikuti Pelatihan Dasar dan Prajabatan Pola Kemitraan dengan BPSDMD Pemerintah Provinsi NTB.

Acara dibuka langsung Bupati H.M.Sukiman Azmy Senin, (8/07) di Ballroom Lantai II Kantor Bupati setempat. Hadir Kepala BPSDMD Provinsi NTB, para Assisten, Kepala OPD terkait dan seluruh peserta Prajabatan Angkatan I, II dan III Lingkup pemda Lombok Timur.

Dalam arahannya Bupati H.M.Sukiman Azmy menyampaikan ucapan selamat kepada CPNS yang telah melalui proses tahapan yang panjang menjadi Calon Aparatur Sipil Negara yang memulai tahapan pelatihan yang merupakan syarat mutlak untuk menjadi ASN.

Untuk itu, Bupati Sukiman meminta kepada para CPNS ketika mengikuti pelatihan dasar agar menjalaninya sepenuh hati tanpa merasa berat hati karena semua telah diatur berdasarkan kapasitas sebagai calon ASN. “Jika hati merasa lapang, tulus, ikhlas maka tidak ada yang berat,” ungkapnya.

Sebagai calon ASN, kata dia, harus menempuh setidaknya 6 tahapan. Tahapan yang pertama adalah di saat penerimaan erdasarkan persyaratan yang telah dicantumkan. Tahap yang kedua adalah penerimaan SK pengangkatan bagi yang lolos. Penerimaan SK pengangkatan ini merupakan tahapan ke dua menjadi seorang ASN.

Rangkaian ke 3 adalah pendidikan yang merupakan pendidikan dasar dan lanjutan. “Pendidikan dasar inilah yang sedang dijalankan CPNS sekarang,” katanya.

Tahapan yang ke 4 adalah pelatihan umum. Jika CPNS lulus menjadi ASN, barulah akan diberikan pelatihan umum atau spesialisasi yang merupakan pelatihan karir, misalnya izin kuliah untuk menunjang karir yang lebih baik. Rangkaian yang ke 5 ialah pembinaan CPNS yang telah menjadi ASN akan dibina dalam karir atau golongan. Setelah tahapan itu ASN tentu akan mengalami masa pensiun.

Dimasa pemerintahannya, Sukiman mengaku memiliki kebijakan. Meskipun dalam peraturan umur pensiun 60 tahun tetapi, Ia memiliki prerogatif untuk membatasi masa dinas sampai umur 58 tahun. Kebijakan ini bertujuan agar pegawai yang masih memiliki banyak peluang bisa merasakan mendapat jabatan puncak atau jabatan yang lebih tinggi. Ia juga berharap pelatihan Dasar CPNS bisa berjalan dengan aman dan lancar sehingga seluruh CPNS bisa lulus sesuai yang diharapkan.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kabupaten Lombok Timur, M. Khairi. S.IP. M.Si, dalam laporannya menyampaikan Pelatihan Dasar CPNS dilaksanakan dengan tujuan membentuk PNS yang memiliki karakter keperibadian yang unggul dan motivasi, Nasionalisme, serta kebangsaan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Dengan sasaran terwujudnya ASN yang berkarakter dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Kepala BKPSDM berharap dengan kompetensi melalui pelatihan dasar dan prajabatan ini, para CPNS dapat berkompetensi sebagai pelayan masyarakat yang baik, yang diindikasikan dengan kemampuan, memahami wawasan kebangsaan, memahami sikap tidak korupsi, memahami ketentuan kepegawaian dan memahami pola pikir ASN sebagai pelayan masyarakat.

Jumlah peserta pelatihan Dasar dan Prajabatan CPNS Formasi Eks Tenaga honorer K2 dan Umum Angkatan I, II dan III sejumlah 191 orang, terdiri dari 49 dari Eks Tenaga Honorer K2, 50 Formasi Umum golongan II dan 92 orang Formasi Umum golongan III. waktu pelaksanaan dilaksanakan dari tanggal 8 Juli sampai dengan 5 Oktober 2019 dengan pola sistem pembelajaran in on in class, dan dipusatkan di MTSN Model Gelang.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Wagub Tegaskan Keseriusan NTB di Bidang Kependudukan

Mataram,DS – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menjadi keynote speaker pada kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: