Senin , 19 Agustus 2019
Home / Pemerintah / Hikmad, Peringatan HUT Pendidikan Nasional di Lotim
Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lotim

Hikmad, Peringatan HUT Pendidikan Nasional di Lotim

Selong,DS – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Kantor Bupati Lombok Timur, Kamis (2/5).Peringatan tahun ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Upacara yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Drs.H. Rohkan Farly, MM itu dihadiri Forkopimda, Kepala OPD, Asissten, Kabag, dan diikuti pensiunan guru, siswa/siswi, Karyawan-karyawati OPD se Kabupaten Lombok Timur.

Pada kesempatan tersbut Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur memberikan penghargaan dan bingkisan kepada penjaga sekolah, guru, pengawas dan pegawai Lingkup dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur yang Purna tugas pada tahun 2018 sebanyak 285 orang, dan penyerahan hadiah untuk 3 mata lomba yaitu lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tahun 2019, lomba pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan tahun 2019, Lomba Perpustakaan SMP/Madrasah tahun 2019.

Juara pertama diraih Perpustakaan Desa Rempung dengan Hadiah sebesar Rp 7.500.000 untuk Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tahun 2019, untuk Lomba Pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan tahun 2019 juara I diraih Erni Hastuti (pengelola Perpustakaan Desa Labuhan Lombok) dengan hadiah sebesar Rp 2.000.000 dan untuk Lomba Perpustakaan SMP/Madrasah tahun 2019 juara I diraih oleh SMPN 2 Pringgabaya dengan hadiah sebesar Rp 7.500.000.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan Nasional RI yang dibacakan Pembina Upacara menyampaikan bahwa masyarakat masih dihadapkan pada kompleksitas masalah guru dan tenaga kependidikan. Pun masih sering menjumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan betapapun pemerintah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan paradigma pendidikan.

“Kita juga mencatat, anggaran pendidikan kita sekitar 63 % dikelola daerah. Oleh karena itu, perlu diingatkan terus-menerus agar daerah mengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20%,” kata Mendikbud Muhajir Efendi

Selama empat tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo-Yusuf Kalla lebih difokuskan pada pembangunan infrastruktur atau prasarana berup pembangunan prasarana trasportasi darat, laut maupun udara. Mulai jalan tol hingga jalan pedesaan, pelabuhan, dan lapangan terbang, disamping infrastruktur komunikasi, infrastruktur pengairan untuk memenuhi kebutuhan air dan irigasi serta infrastruktur energi.

Kata dia, kecukupan infrastruktur merupakan prasyarat untuk menjadi negara maju. “Tidak ada satupun negara maju tanpa didukung infrastruktur yang cukup. Dalam hal infrastruktur ini, sebagaimana dinyatakan oleh Presiden Jokowi, Indonesia baru memiliki sekitar 39 persen dari yang seharusnya. Walaupun demikian, alhamdulillah, pembangunan infrastruktur dalam empat tahun terakhir ini kian dirasakan manfaatnya,” urai Mendikbud.

Dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. “Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah,” ujar Muhajir Efendi.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI DI NTB BERLANGSUNG KHIDMAT

MATARAM,DS-Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia Tingkat Provinsi NTB berlangsung lancar dan penuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: