Jumat , 22 Maret 2019
Home / Pemerintah / Gubenur NTB Gunakan Motor Trail Tinjau Embung Elang Desa
Dengan motor trail inilah Gubernur Zulkieflimansyah menuju embung Elang Emas

Gubenur NTB Gunakan Motor Trail Tinjau Embung Elang Desa

KSB,DS-Gubernur NTB Dr. H. Zukieflimansyah harus menggunakan sepeda motor Trail untuk menjangkau lokasi Embung Elang Emas, di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Jum’at (8/9). Kondisi medan yang berat disebabkan hujan tidak memungkinkan kendaraan roda empat untuk menjangkau lokasi tersebut.

Tujuan gubernur meninjau embung tersebut untuk memastikan kondisi embung yang telah mengalami pendangkalan dikarenakan sedimentasi yang cukup tinggi.

Setelah melewati medan cukup berat, gubernur yang didampingi sejumlah kepala OPD tiba di lokasi dan menyaksikan langsung kondisi embung. Dari hasil pemantauan, Gubernur langsung memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB untuk segera melakukan pengerukan Embung Elang Desa yang telah mengalami pendangkalan akibat tingginya sedimentasi.

Inti masalah adalah terjadi sedimentasi di bendungan Lang, Desa Jereweh, KSB yang mengairi 4 desa dan lahan seluas 860 hektar. Akibatnya, terjadi penurunan debit air yang menyebabkan produksi pertanian menurun hingga gagal panen di beberapa tempat.

Usai kunjungan gubernur, harapan masyarakat di Kecamatan Jereweh adalah agar pemerintah segera melakukan perbaikan jaringan yang telah tertanam oleh sedimen sepanjang 1,5 km. Pemerintah segera melakukan perbaikan jalan inspeksi, lajur kiri dan kanan bendungan sepanjang 7 km. Menutup rongga bendungan yang tercipta akibat sedimentasi. Dan permintaan mesin pompa air, oleh petani yang memiliki lahan di bagian atas embung, karena mereka tidak mendapatkan air.

Sebelum meninjau bendungan tersebut, Gubernur berkesempatan bersilaturrahim dengan masyarakat Kelurahan Bugis,  Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Di Masjid Jami’ Al-Ikhlas Kelurahan itu, pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) itu menjelaskan bahwa lengkapnya fasilitas sebuah bangunan bukan menjadi jaminan untuk hidup bahagia. Kadang dengan fasilitas apa adanya seseorang bisa hidup bahagia, aman dan nyaman.

“Masjid yang bagus adalah masjid yang bisa bikin orang betah di dalamnya,” jelasnya. Karena itu, yang terpenting ketika membangun fasilitas ibadah superti Mmsjid adalah kenyamanan saat melaksanakan ibadah.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Wagub Rohmi Lantik 193 Pejabat ASN NTB 

MATARAM, DS – Gubernur Zulkieflimansyah kembali menggeser pejabat ASN lingkup Pemprov NTB pada Senin (11/3). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *