Kamis , 17 Oktober 2019
Home / Pemerintah / Erupsi Gunung Agung, TGB Ingatkan Warga NTB Tetap Waspada
TGB saat memberikan kajian di Masjid Hubbul Wathon Islamic Center terkait sikap Donald Trump

Erupsi Gunung Agung, TGB Ingatkan Warga NTB Tetap Waspada

MATARAM, DS – Erupsi Gunung Agung di di Provinsi Bali telah berdampak cukup signifikan pada kehidupan masyarakat di NTB. Selain banyaknya jadwal penerbangan tertunda, penduduk Bali terdampak oleh rusaknya lahan pertanian dan menurunnya jumlah wisatawan. Oleh karena itu,Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi mengingatkan agar seluruh warganya tetap waspada.

Sebab, meski dampak letusan Gunung Agung sudah mulai mereda. Namun semua pihak, termasuk warga diharapkan untuk tetap waspada dengan berbagai potensi bencana yang bisa terjadi di akhir tahun ini.

“Yang pasti, perubahan cuaca ekstrem di Indonesia masih perlu diwaspadai. Banyak potensi bencana yang bisa saja terjadi. Perubahan cuaca ekstrem, bulan Desember biasanya banyak terjadi bencana di beberapa tempat, seperti saat ini adanya erupsi Gunung Agung yang telah berimbas ke NTB,” ujar Gubernur dalam siaran tertulisnya yang diterima wartawan, Jumat (8/12).

TGB mengatakan, jika merujuk laporan BMKG, maka sepanjang November hingga akhir Desember akan terjadi banyak bencana. Diantaranya, banjir, kenaikan air laut, longsor, termasuk juga erupsi Gunung Agung. Semua itu berdampak pada aktivitas masyarakat, termasuk warga NTB.

Apalagi, kata Gubernur, salah satu bidang yang terdampak adalah bidang transportasi udara.“Tapi, saya bersyukur dalam tiga hari terakhir, penerbangan kita mulai berangsur normal, semoga kita doakan bencana erupsi ini mereda, sehingga kehidupan warga Bali dan NTB bisa berangsur-angsur normal,” kata TGB.

Ia mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan SKPD terkait agar melakukan langkah-langkah mitigasi. Selain itu, TGB juga meminta semua pihak meningkatkan kewaspdaanya. Keselamatan harus diutamakan. Apapun keputusan otoritas bandara maupun pelabuhan harus diikuti warga.

”Sekali lagi, jangan lagi kita protes atau komplain atas kondisi bencana ini, sebab keselamatan itu tidak bisa dihargakan dengan apapun,” tegas Gubernur.

Selain mitigasi bencana, salah satu yang diantisipasi adalah dampak terhadap pariwisata NTB. TGB meminta seluruh jajarannya untuk bergerak agar dampaknya tidak terlalu besar terhadap pariwisata. Apalagi di akhir tahun merupakan puncak kunjungan wisatawan. Dengan bencana letusan Gunung Agung pasti akan berdampak pada penurunan kunjungan. ”Memang ada penurunan, tapi mudahan tidak signifikan,” ungkapnya.

TGB mengatakan, dirinya sudah mengeluarkan kebijakan agar pelaku usaha industri pariwisata memberikan insentif pada wisatawan yang tidak bisa keluar dari Lombok akibat erupsi Gunung Agung,Dimana,  diskon itu berupa biaya penginapan, makan dan sebagainya.

“Minimal diskonnya 50 persen, bahkan jika bisa wisatawan yang terdampak digratiskan. Kita minta, jangan diberatkan wisatawan yang sedang terdampak, sebagai bentuk penghargaan kita kepada mereka,” tandas Gubernur. fahrul

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Delapan Pengungsi Kerusuhan Wamena Tiba di NTB

MATARAM,DS-Sebanyak delapan pengungsi kerusuhan Wamena, Papua, tiba di NTB. Kedatangan mereka disambut langsung Kepala Dinas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: