Rabu , 16 Oktober 2019
Home / Pemerintah / DARI QURBAN UNTUK KORBAN, SATU TAHUN GEMPA BUMI, REFLEKSI DAN APRESIASI
Sekda Lotim menyalurkan bantuan kepada korban gempa pada malam renungan musibah gempa bumi

DARI QURBAN UNTUK KORBAN, SATU TAHUN GEMPA BUMI, REFLEKSI DAN APRESIASI

SELONG,DS- Bencana Alam Gempa Bumi di Kabupaten Lombok Timur sudah setahun berlalu. Pemerintah Daerah bersama sejumlah lembaga menggelar Malam Renungan dan Apresiasi kepada aktifis kemanusiaan serta relawan pada Senin Malam (05/08). Acara yang berlangsung di pendopo Bupati Lombok Timur tersebut dirangkaikan peluncuran Program dari Qurban untuk Korban.

Bupati Lombok Timur yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Rohman Farly, MM., menuturkan runtutan gempa bumi yang melanda Lombok Timur dan sebagian besar pulau Lombok pada Juli 2018 lalu. Ia juga berbagi ingatan bagaimana gempa sempat merubah keseharian warga Lombok Timur karena menimbulkan trauma. Akan tetapi berkat bantuan dari berbagai pihak akhirnya masyarakat Lombok Timur kembali bangkit.

Kaitan dengan itu, Rohman atas nama Pemerintah dan masyarakat Lombok Timur menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak, termasuk relawan. “Banyak LSM, aktifis kemanusiaan, relawan yang langsung hadir membantu. Untuk itu atas nama Pemerintah dan masyarakat Lombok Timur saya menyampaikan banyak-banyak terimakasih atas kepedulian dan keikhlasan para relawan sehingga masyarakat terdampak gempa dapat berangsur-angsur pulih,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan agar mengenang satu tahun gempa Lombok dengan merenungi, merefleksikan apa yang telah dilakukan, dan yang seharusnya dilakukan kedepan untuk meminimalisir dampak bencana seperti gempa bumi, juga potensi bencana lainnya, mengingat Pulau Lombok terletak di pertemuan dua lempeng besar yaitu Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Forum Bersama TGH. Gunawan Ruslan LC., dalam laporan singkatnya menyampaikan tak ratusan relawan dan aktifis memiliki kontribusi besar dalam kondisi tanggap darurat. Demikian halnya dengan bantuan dana maupun logistik yang datang dari dalam dan luar negeri. Selain itu Gunawan juga mengajak untuk berqurban pada Idul Adha 1440 mendatang, yang akan disalurkan kepada korban bencana yang sampai saat ini masih di pengungsian.

Sementara itu, dalam tausiyah yang disampaikan TGH. M. Taisir Azhari Lc. M.A, masyarakat diajak memperbanyak syukur dan do’a kepada Allah SWT agar dilindungi dari segala bentuk marabahaya dan bencana.

Pada acara yang dihadiri pula Ketua DPRD Kab. Lotim H. Daeng Paelori, Kepala OPD Lingkup Pemda Lotim, TNI dan Polri, SAR Lotim, aktifis kemanusian, Relawan (ACT, Laziznu, Dompet Duafa) Sekda Kabupaten Lombok Timur menyerahkan Piagam Penghargaan/Apresiasi kepada aktifis/relawan yang membantu Tanggap Darurat.hm

Tentang Duta Selaparang Redaksi DS

Baca Juga

Wagub Tegaskan Keseriusan NTB di Bidang Kependudukan

Mataram,DS – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menjadi keynote speaker pada kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: